EmitenNews.com - Varian Omicron terus memakan korban. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, hingga saat ini, ada 5 pasien varian baru virus Corona yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, November 2021 itu, meninggal dunia di Indonesia. Gejala yang ditimbulkan pasien Covid-19 dari varian Omicron ini diakui lebih ringan, namun dapat berdampak parah bagi kelompok rentan, seperti lansia, penderita komorbid dan anak. 

 

"Sudah ada meninggal 5 orang positif Omicron di Indonesia," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin  dalam konferensi pers terkait Evaluasi PPKM secara virtual, Senin (31/1/2022). 

 

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, dari jumlah tersebut, 60 persen pasien belum mendapatkan vaksinasi lengkap. "Itu (pasien meninggal) 60 persen belum divaksin lengkap. Kita sudah melihat dari kasus yang sedang dan berat yang membutuhkan oksigen, 63 persen belum divaksin lengkap."

 

Meski gejala yang ditimbulkan pasien Covid-19 dari varian Omicron lebih ringan, namun dapat berdampak parah bagi kelompok rentan, seperti orang lanjut usia (lansia), penderita komorbid dan anak. Oleh karena itu, Menkes meminta cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia dan anak dipercepat. 

 

"Berdasarkan hal itu, kami sampaikan bahwa percepat vaksinasi terutama untuk lansia kita dan anak-anak kita, kewajiban kita untuk melindungi orang yang belum divaksinasi agar segera divaksinasi terutama lansia dan anak-anak," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. ***