EmitenNews.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengunjungi Koperasi Tegal Manufaktur Indonesia (TMI), di Tegal dan Desa Sejahtera Astra Semedo Banyumas, Sabtu (25/9/2021). Tujuannya, memperkuat kolaborasi yang terjalin antara Kementerian Koperasi & UKM dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) maupun Astra dalam mengembangkan UMKM dan koperasi di Tanah Air.


Turut hadir dalam kunjungan ke Koperasi TMI yang anggotanya UMKM binaan YDBA itu, yaitu Direktur Astra sekaligus Ketua Pembina YDBA Gita Tiffani Boer, Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah, Staf Khusus Menteri Agus Santoso, Ketua Pengurus YDBA Sigit P. Kumala. Lainnya, Bupati Tegal Dr. H. Umi Azizah, Ketua Pengurus Koperasi TMI, Jahidin, dan Head of Environment and Social Responsibility Astra Diah Suran Febrianti.


Menteri Teten mendorong agar UMKM dapat bermitra dengan perusahaan besar, baik BUMN maupun Swasta. Kemitraan dapat dilakukan dengan menjadi bagian dari rantai pasok industri besar maupun global. Bila UMKM sudah masuk rantai pasok industri, akan terjadi peningkatan dari sisi skala usaha maupun daya saing produk. “Terima kasih pada YDBA yang secara konsisten melakukan pembinaan dan bimbingan bagi pelaku UMKM di Tegal.” (Eko Hilman). ***