EmitenNews.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM), Teten Masduki mengunjungi UMKM Bengkel Toseng & Pande Besi Putra Cendana dan Pisau T binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di Kabupaten Banyumas, Ahad (26/9/2021). Ini bagian dari dukungan pemerintah terhadap UMKM Indonesia memasuki rantai pasok di berbagai bidang. Dalam menjalankan program pembinaan UMKM, YDBA mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) di Banyumas.


Menkop Teten, mengapresiasi YDBA yang berperan meng-upgrade UMKM hingga pendapatannya naik. UMKM Bengkel binaan YDBA telah memiliki embrio dalam pembentukan Koperasi, yang diharapkan dapat menjadi wadah dalam pengadaan sparepart, sehingga dapat bersaing dengan bengkel-bengkel modern. YDBA telah mempersiapkan UMKM sebagai industri yang siap naik kelas dan masuk industri. “Bila UMKM tidak didesain jadi bagian dari industri, akan sulit naik kelas.”


Yayasan Dharma Bhakti Astra mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) di Banyumas, untuk menjalankan program pembinaan UMKM. Lembaga ini berperan dalam menjalankan program pembinaan UMKM. Diantaranya, Pelatihan, Pendampingan, Fasilitasi Pemasaran dan Fasilitasi Pembiayaan. Di Banyumas, YDBA membina UMKM di bidang bengkel dan pande besi. Saat ini sebanyak 20 UMKM Bengkel di Banyumas aktif mengikuti program pembinaan YDBA. (Eko Hilman). ***