EmitenNews.com - Isyarat capres Ganjar Pranowo bakal bersanding dengan Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Prof KH. Nasaruddin Umar makin menguat. Keduanya, kompak menghadiri acara halalbihalal di Lapangan depan kantor Wali Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/5/2023) sore. Sebelumnya, PPP menyodorkan nama Kiai Nasaruddin untuk menjadi pasangan bakal capres 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo, yang juga Gubernur Jawa Tengah.

 

Di Manado itu, lapangan tempat penyelenggaraan acara itu dipenuhi oleh warga. Masyarakat antusias mengikuti kegiatan itu. Mereka duduk di kursi bawah tenda, bahkan tidak sedikit yang rela berdiri di pinggir lapangan. 

 

Di samping kanan panggung acara, secara khusus terlihat baliho besar bertuliskan "Selamat Datang" untuk Ganjar Pranowo, dan Nasaruddin Umar, di Provinsi Sulawesi Utara. Dalam acara ini, Nasaruddin, mantan Wakil Menteri Agama, bertugas memberikan ceramah atau tausiyah.

 

Selama kurang lebih  30 menit memberikan ceramah, Nasaruddin kemudian turun dari panggung. Kemudian, pemandu acara memanggil nama Ganjar untuk datang ke panggung untuk menyampaikan pidato singkatnya. Dalam sambutan itu, Ganjar menyadari bahwa ia adalah tamu. Sebab, dia merupakan Gubernur Jawa Tengah. 

 

Setelah itu, Ganjar menyampaikan ucapan Selamat Idul Fitri kepada masyarakat Sulawesi Utara yang merayakan. Kemudian, ia juga mengucapkan selamat kepada umat Kristiani atas hari Kenaikan Isa Almasih yang jatuh pada hari ini.

 

"Wabilkhusus di Kota Manado, saya ingin menyampaikan selamat menjalankan kegiatan yang sangat menyenangkan dan menggembirakan dengan tentu, mohon maaf lahir dan batin. Salam saya untuk seluruh keluarga," ucap Ganjar di lokasi acara. 

 

Setelah itu, Ganjar turun dari panggung acara. Saat itu, Ganjar langsung disambut masyarakat Manado yang sudah menunggu ingin berfoto bersama. Beberapa warga langsung tampak mengeluarkan gawai masing-masing dan menekan tombol pada kamera untuk berswafoto bersama Ganjar. 

 

Ganjar juga terlihat menyalami warga sebelum naik ke kursi tamu yang berada di seberang panggung acara. Tak lama setelah Ganjar berada di kursi tamu, acara halalbihalal pun selesai. Ganjar, Nasarudin dan para tamu undangan pun meninggalkan lokasi. 

 

Tampak juga undangan yaitu Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Ketiganya pun turut berfoto bersama di depan lapangan. Formasinya, Ganjar berada di sebelah kiri, tengah adalah Nasarudin, dan kanan Olly Dondokambey. Ganjar dan Olly kompak berseragam koko warna putih, sedangkan Nasaruddin berpakaian putih berbalut jas warna ungu. Ketiganya juga terlihat mengenakan peci hitam. ***