EmitenNews.com - PT Merdeka Copper Gold (MDKA) memperkuat modal Andalan Bersama Investama (ABI) senilai USD25 juta. Dana tersebut akan digunakan ABI untuk modal kerja, modal operasional, dan korporasi umum. Perjanjian utang piutang tersebut telah diteken pada 8 April 2022. 


Pinjaman tersebut dikenai bunga dengan tingkat LIBOR tiga bulanan ditambah 5,5 persen per tahun, wajib dibayarkan pada lima tahun sejak tanggal perjanjian. Jangka waktu dimulai sejak tanggal penandatangan perjanjian dan akan berakhir pada waktu jatuh tempo. Pinjaman itu, dapat diperpanjang berdasar kesepakatan secara tertulis.


Menyusul transaksi itu, Merdeka Gold dapat mendukung pendanaan ABI. Dengan begitu, ABI bisa menjalankan kegiatan usaha dengan lebih optimal, dan diharap dapat memberikan dampak positif kepada perseroan. 


Transaksi itu, bukan transaksi benturan kepentingan sebagaimana dimaksud POJK 42/2020, dan bukan merupakan transaksi material sebagaimana POJK 17/2020 karena nilai transaksi tidak sampai 20 persen dari nilai ekuitas Merdeka Gold per 31 Desember 2021. (*)