EmitenNews.com - Masih merugi, PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) tidak akan membagikan dividen tahun buku 2021. Keputusan itu diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang sepakat untuk tidak membagikan dividen tahun buku 2021. Selain karena masih rugi, RUPS juga memutuskan akan melakukan efisien demi keberlangsungan operasi perseroan.


"Hasil rapat tadi kami sepakat tidak akan membagikan dividen karena perusahaan masih mengalami kerugian di tahun 2021. Kami masih belum ada rencana aksi korporasi tertentu. Kami melihat dulu keadaan pasar dan keadaan industri di tahun 2022," ujar Direktur Utama PORT, Paul Krisnadi dalam Paparan Publik PORT secara virtual, Selasa (28/6/2022).


PORT berhasil bukukan laba bersih Rp5,6 miliar di kuartal I-2022 dari sebelumnya mencatat rugi bersih sebesar Rp10,1 miliar pada kuartal I-2021.


Selain itu, dari sisi pendapatan, PORT juga berhasil meraih pertumbuhan sekitar 4 persen menjadi Rp278,7 miliar dari yang sebelumnya tercatat sebesar Rp267 miliar di kuartal pertama 2021.


Pada tahun ini PORT merencanakan belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar Rp10 miliar untuk peremajaan truk didalam peti kemas. Paul menyebutkan, kalau memang dibutuhkan pihaknya bisa mereview lagi kebutuhan capex perseroan tahun 2022.


Sementara itu, untuk sisa tahun 2022, PORT akan melakukan efisiensi untuk mencapai target pendapatan. Paul memperhitungkan dampak perang Rusia-Ukraina terhadap bisnis perseroan. Tetapi, jika tidak terlalu berdampak, Paul optimis sesuai target.


"Dari sisi pertumbuhan volume, kami akan berusaha menahankan market share. Mudah-mudahan tidak terjadi yang jelek untuk pergerakan peti kemas internasional atau dalam negeri dari efek perang Ukraina," kata Direktur Utama PORT, Paul Krisnadi. ***