EmitenNews.com -Ekonomi Indonesia FY 2022 mengalami pertumbuhan 5,31%, ini menjadi yang terbaik dalam 9 tahun terakhir dibandingkan dengan pertumbuhan 3,69% di 2021. Untuk FY 2023 di proyeksikan ekonomi Indonesia akan tumbuh 4,4%. Proyeksi lebih rendah untuk 2023 dibandingkan dengan 2022 karena adanya tantangan seperti terus berlanjutnya perang Rusia-Ukraina, ancaman resesi global, tekanan inflasi, kenaikan suku bunga dan ketidakstabilan di sektor perbankan.

 

Melihat kondisi tersebut, perusahaan ritel PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) telah melakukan pemetaan strategi bisnis berkelanjutan untuk terus bersaing merebut pasar di sektornya.

 

Merujuk pada data materi paparan publik yang disampaikan oleh Manajemen MAPI dan dikutip Jumat (16/6/2023). Mitra Adiperkasa (MAPI) akan berupaya merebut caruk pasar di bisnis yang digeluti dengan memasang 5 strategi utama untuk tahun 2023 dan seterusnya. Perseroan akan memaksimalkan kemungkinan brand untuk menjadi one-stop shop untuk penjualan & pemasaran ritel multi-channel di ASEAN melalui empat pilar strategi integrasi opsi pengalaman ritel, jalankan perubahan digital & teknologi, akuisisi atau kemitraan strategis dan mempercepat regional branded commerce.

 

Untuk yang pertama, MAPI akan melakukan Integrasi Opsi Pengalaman Ritel Ekosistem digital terintegrasi berbasis data yang meliputi Gerai online & offline untuk melayani pelanggan 24x7 Multi-channel untuk melayani pelanggan, offline, online, chat, kanal marketplace



Selanjutnya perseroan akan menjalankan perubahan digital & teknologi untuk mendorong ekosistem digital berbasis data yang terintegrasi, dan juga untuk menyempurnakan perencanaan, pembelian, penjualan dan kecepatan untuk masuk ke pasar ASEAN.

 

Perseroan juga akan memanfaatkan MAP CLUB - Power App untuk branded shopping. Ini adalah aplikasi komunitas ritel yang menggabungkan semua penjualan & kolaborasi pelanggan MAP dalam satu ekosistem.

 

Ada juga Endless Aisle (Save The Sale) yang akan menyodorkan proses untuk mengoptimalkan inventaris perusahaan dengan akses online ke semua gerai dan persediaan pusat distribusi secara nasional. Ketika ukuran atau warna tidak tersedia, staf dapat menggunakan PDT untuk memenuhi pesanan dari tujuan alternatif. Produk kemudian dikirim ke alamat pelanggan.

 

Serta teknologi eksklusif Online to Offline yang membantu pembeli online untuk mendapatkan pengiriman lebih cepat melalui pemenuhan barang dari gerai terdekat dari alamat mereka.

 

TeknologI BluTab Teknologi eksklusif Online to Offline yang membantu pembeli online untuk mendapatkan pengiriman lebih cepat melalui pemenuhan barang dari gerai terdekat dari alamat mereka.