EmitenNews.com - PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) membukukan laba bersih Rp991 Miliar pada tahun 2021, naik  42 persen dibanding tahun 2020.


Presiden Direktur LSIP, Benny Tjoeng menjelaskan,hasil itu ditopang  kenaikan harga jual rata-rata (ASP) produk sawit CPO naik 31 persen  dan PK naik 55 persen secara tahunan.


Sehingga perseroan  mencatatkan kenaikan penjualan sebesar 28 persen menjadi Rp4,53 triliun di tahun 2021.


“Pada tahun 2021, Lonsum meraih kinerja keuangan yang positif seiring kenaikan harga jual rata-rata produk sawit serta upaya-upaya kami dalam pengendalian biaya dan efisiensi, “ jelas dia kepada media, Rabu(2/3/2022).


Padahal, kata dia,  sepanjang tahun 2021  produksi Tandan Buah Segar (TBS) inti turun 7 persen yoy menjadi 1,2 juta ton terutama karena dampak cuaca yang tidak mendukung serta kegiatan peremajaan tanaman sawit.


Seiring dengan  turunnya produksi TBS inti dan eksternal, total produksi CPO turun 8 persen secara tahun  menjadi 306 ribu ton.


Hal itu diikuti dengan penurunan  Volume penjualan CPO  2 persen secara tahun menjadi 318 ribu ton sedangkan volume penjualan produk PK turun  persen menjadi 92 ribu ton.


“Produksi TBS inti kami terutama dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang tidak mendukung dan berlanjutnya kegiatan peremajaan tanaman sawit,” jelas dia.


Ia menambahkan, perseroan  melakukan penanaman kembali pada sebagian lahan yang berusia tua dengan benih bibit yang memiliki potensi hasil panen tinggi.