EmitenNews.com - Marc Marquez melakukan aksi yang mencuri perhatian warga saat mengikuti konvoi para pembalap MotoGP Mandalika, di Jakarta, Rabu (16/3/2022). Dalam acara bertajuk Energy to Speed Up Parade itu, pembalap asal Spanyol dari Repsol Honda itu, melakukan aksi burnout di Jalan Thamrin. Tak pelak warga yang ada di pinggir jalan menyambutnya dengan teriakan ramai.


"Ngeng... ngeng... ngeeeeng," Marc Marquez ngegas sepeda motornya sampai asap mengepul dari rodanya.


Marc Marquez melakukan aksi burnout atau membuat ban belakang motor berputar sehingga memunculkan kepulan asap itu, ketika sampai di kawasan persimpangan Sarinah. Ia kemudian menggeber-geber motornya dan sesekali mengerem mendadak, yang membuat sepeda motor RC213V 'ngepot' seperti drifting dan sesekali masih melakukan burnout.


Marc Marquez kemudian meliuk-liuk di antara para pembalap MotoGP lainnya. Aksinya sukses menarik perhatian. Aksinya itu kemudian disambut sorakan warga. "Wuuuuu...!" teriak warga.


Sejumlah warga berdiri di sepanjang Jl Medan Merdeka Utara hingga Bundaran HI. Mereka berlomba mengabadikan rombongan 20 pembalap MotoGP melalui kamera ponsel masing-masing.


Marc Marquez menjadi sosok paling disorot dalam acara parade MotoGP di Jakarta. Hal itu juga tidak lepas dari sikapnya yang ramah dan murah senyum sejak tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 09.30 WIB. Dia selalu tersenyum tak hanya kepada Presiden Joko Widodo.


Marc Marques sangat sabar meladeni permintaan foto para penggemarnya yang berada di Istana Merdeka. Salah satunya, yang ikut berfoto adalah Ketua MPR, Bambang Soesatyo, yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI).


Dalam parade ini, Marquez ditemani oleh 19 pembalap lainnya. Rinciannya, 16 pembalap dari kelas MotoGP, 2 pembalap Moto2, 1 pembalap Moto3 dan 1 pembalap Asia Talent Cup. Khusus untuk pembalap dari Moto3 dan Asia Talent Cup berasal dari Indonesia.


Parade MotoGP ini digelar pada pukul 10.00 WIB, setelah dilepas secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara Jakarta. Parade berakhir di Bundaran HI dan para pembalap beristirahat di Hotel Kempinski.


Parade MotoGP di Jakarta ini, rangkaian MotoGP Indonesia yang diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, 18 - 20 Maret 2022. Acara ini merupakan lanjutan dari sesi pramusim yang digelar selama tiga hari pada 11-13 Februari 2022, di Sirkuit Mandalika.


Sebelum melepas rombongan tersebut, Jokowi menyambut mereka di Istana Negara. Seusai pertemuan dengan Marquez dkk, Jokowi mengaku lemas karena tidak diperbolehkan ikut naik motor. Memang, semula, Presiden Jokowi akan ikut dalam parade tersebut. Namun, dengan alasan keamanan, rencana itu dibatalkan. Jokowi batal ikut parade MotoGP atas pertimbangan keamanan.


"Saya tidak naik motor karena tidak diperbolehkan dari sisi keamanan. Jadi tadi saya lemes itu," kata Presiden Jokowi di depan Istana Merdeka.


Tetapi, Jokowi mengatakan akan menyaksikan acara balapan di Sirkuit Mandalika itu, dengan terlebih dahulu melihat jadwalnya. "Iya, saya akan lihat, tapi mungkin hanya satu hari saja. Jumat, Sabtu, Minggu, saya hanya sehari." ***