EmitenNews.com - Operasi penyelamatan pilot SusiAir, Philips Mark Mehrtens memakan korban. Sedikitnya, empat prajurit TNI, yang sempat dinyatakan hilang usai terlibat baku tembak dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Mugi-Mam Papua, Sabtu (15/4/2023), kini  dilaporkan tewas.

 

Dalam keterangannya Kamis (20/4/2023), Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengungkapkan, empat anggota TNI yang gugur itu, semuanya dari satuan Yonif R 321/GT/13/1. Pertama, Pratu Miftahul Arifin yang sudah dinyatakan gugur pada Sabtu (15/4/2023). Sedangkan tiga lainnya yakni Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan, dan Prada Sukra, baru ditemukan pada Rabu (19/4/2023).

 

"Tim Gabungan TNI Polri berhasil menemukan 4 Prajurit TNI, termasuk di dalamnya Pratu Miftahul Arifin, semua dalam keadaan meninggal dunia," ungkap Kolonel Kav Herman Taryaman.

 

Herman mengungkapkan bahwa keempat prajurit yang gugur tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Timika Kabupaten Mimika Papua.

 

Sebelumnya, empat dari 36 prajurit TNI tersebut diserang TPNPB-OPM di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu lalu. Seorang prajurit bernama Pratu Miftahul Arifin ditemukan tewas dalam jurang dengan kedalaman 15 meter.

 

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda TNIJulius Widjojono di Jakarta, Kamis, mengtakan, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan ucapan duka dan belasungkawa atas gugurnya empat orang prajurit di Mugi-man, Nduga, Papua.

 

“Panglima TNI beserta segenap keluarga besar TNI turut berbelasungkawa atas gugurnya prajurit TNI di Papua. Kiranya Tuhan memberikan bahagia di surga,” kata Laksamana Muda TNI Julius Widjojono.

 

Upaya kerja keras aparat TNI beserta segenap satuan tugas dihadapkan pada medan dan cuaca yang tidak bersahabat, sampai akhirnya berhasil memastikan dan mengevakuasi prajurit-prajurit tersebut. Kapuspen menyampaikan upaya pencarian tanpa henti itu merupakan wujud komitmen Panglima TNI bersama jajaran prajurit untuk menegakkan kedaulatan NKRI di Bumi Cenderawasih.

 

“Panglima TNI akan tetap pada komitmennya menegakkan kedaulatan NKRI secara nyata, faktual, dan terukur,” ucap dia.