EmitenNews.com - "Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, operasi berjalan dengan lancar dan Bapak SBY dalam kondisi yang stabil. Semoga Bapak SBY segera pulih dalam proses masa perawatan pasca operasi ini dan kembali beraktivitas bersama kita."


Demikian Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menulis dalam akun Instagram pribadinya, seperti dikutip Jumat (12/11/2021). Ketua Umum Partai Demokrat itu, mengabarkan kondisi sang ayah, Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), setelah selama 10 jam menjalani operasi kanker prostat di RS Mayo Clinic, Amerika Serikat, pada Kamis (11/11/2021) waktu setempat.


AHY meminta doa agar sang ayahanda mampu segera pulih. Pensiunan Mayor TNI AD itu mengabarkan, pascaoperasi SBY dalam kondisi stabil. Namun AHY meminta doa agar sang ayang bisa segera pulih, dan beraktivitas kembali, seperti biasa.


"Saya, Annisa, Mas Ibas dan Aliya, berkesempatan mendampingi beliau sejak proses pemeriksaan awal pukul 05.30, hingga mengantar beliau pasca operasi ke ruang perawatan dan pemulihan di RS St Marys, masih dalam lingkungan komplek RS Mayo Clinic," ujar Agus Harimurti.


Seperti diketahui, SBY dan rombongan, termasuk di antaranya tim dokter Kepresidenan RI, tiba di Rumah Sakit Mayo Clinic, Amerika Serikat, pada Kamis, 11 November 2021. Kedatangan Presiden Indonesia 2004-2009 dan 2009-2014 itu, untuk menjalani tindakan operasi atas kondisi kesehatannya.


"Kurang lebih pukul 10.00, operasi dinyatakan selesai," ungkap AHY.


AHY mengungkapkan, atas nama keluarga besar Yudhoyono, mengucapkan terima kasih banyak atas perhatian masyarakat Indonesia, atas simpati dan doa baiknya untuk kesembuhan SBY.


Seperti diketahui SBY didiagnosa terkena kanker prostat. Staf Pribadi SBY, Ossy Dermawan, Selasa (2/11/2021) pagi, sempat mengungkapkan kondisi Presiden ke-6 RI tersebut. Ia menyebutkan, sudah banyak kerabat, masyarakat, maupun wartawan yang menanyakan kondisi kesehatan SBY belakangan ini.


"Beberapa hari ini, saya selaku Staf Pribadi Bapak SBY, menerima banyak pertanyaan dari sejumlah kalangan antara lain para sahabat Bapak SBY, wartawan dan anggota masyarakat, menyangkut kesehatan Bapak SBY, Presiden RI Ke-6," ungkap Ossy Dermawan.


Karena itu, agar masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan akurat, Ossy Dermawan menjelaskan semuanya. "Adalah benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)."


Kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (2/11/2021), Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan mengatakan SBY akan menjalani pengobatan selama 1,5 bulan. Cukup lama, karena menurut mantan Menteri Koperasi dan UKM itu, penanganannya memang memerlukan waktu. SBY ditemani dua anak, masing-masing dengan istri, ditambah dokter Kepresiden RI, ikut ke Amerika.


“Cukup lama sih ya, karena memerlukan check up, kemudian perawatan. Kemudian check up lagi, kurang-lebih 1,5 bulan. Harus perawatan. Dokter yang minta supaya mempersiapkan sedikit waktu untuk evaluasi dan sebagainya,” ujarnya. ***