EmitenNews.com -PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR), menuntaskan akuisisi PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya (KSO) senilai Rp 18,6 miliar.

 

Direktur Commodity & Business Development MKTR Bambang Laksanawan meyakini, aksi korporasi ini akan berimbas terhadap peningkatan pendapatan perseroan menjadi Rp 1 triliun tahun ini.

 

Pasalnya,KSO merupakan perusahaan pengelolaan kelapa sawit dengan kapasitas 30 ton per jam (TPH) di Lamandau, Kalimantan Tengah.

 

"Dengan tuntasnya proses akuisisi ini, MKTR akan mengoptimalisasikan produksi pabrik dengan menambah dan memodifikasi equipment baru," jelas Bambang dalam keterangannya, Jumat (1/9).

 

Dalam transaksi ini, MKTR bersama entitas anak perusahaannya,PT Menthobi Makmur Lestari (MMaL), mengambil alih seluruh saham KSO dan anak perusahaannya dari PT Sjiar Dahan Zaitan (SJADZ) dan PT Embun Rindang Optima (ERO) pada 28 Agustus 2023 lalu senilai Rp18,6 miliar.

 

Transaksi tersebut bukan termasuk transaksi material bagi MKTR karena tidak melebihi 20% dari ekuitas perseroan.


Setelah menyelesaikan akuisisi, MKTR pun menggenggam 10.200 saham KSO atau mewakili 60% dari seluruh saham yang dikeluarkan KSO. Sedangkan 6.800 atau setara 40% saham KSO sisanya dimiliki MMaL.