EmitenNews.com - Departemen Kualitas Lingkungan Oregon (DEQ) mengumumkan akan mengikuti jejak negara bagian California menghentikan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) pada 2035.


Dilansir comonews, DEQ ingin mengadopsi aturan untuk menghentikan penjualan semua mobil gas baru pada tahun 2035 dan mendorong industri otomotif untuk mulai membuat lebih banyak kendaraan listrik.


Selama bertahun-tahun, industri otomotif telah bergerak ke arah kendaraan listrik dan akan terus melakukannya. Namun direktur Asosiasi Dealer Mobil Oregon mengingatkan yang perlu mendapat perhatian utama adalah kesiapan infrastruktur, seperti stasiun pengisian, yang dikhawatirkan tidak akan mampu mengimbangi.


Selain itu industri khawatir jika negara tidak dapat memproduksi bahan dan baterai yang cukup untuk mendukung permintaan kendaraan listrik hanya akan memaksa orang membeli kendaraan dari luar negara bagian.


Pejabat DEQ Oregon mengatakan larangan penjualan mobil berbahan bakar gas dan dorongan untuk membangun mobil listrik akan membantu mengurangi emisi dan memperlambat dampak perubahan iklim.


“Gubernur [Kate] Brown memberi kami misi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca,” kata Susan Mills, juru bicara DEQ Oregon. “Aturan Advanced Clean Cars II sangat membantu dalam mencapai tujuan itu,” tambahnya.


Badan tersebut ingin mengadopsi aturan yang sama dengan California, yang mengizinkan pengecualian untuk aturan emisi nasional melalui Clean Air Act. Celah itu memungkinkan California membuat kebijakan yang lebih ketat.


"Kami berada di sekelompok negara bagian yang mengikuti keputusan California," kata Mills.


Tetapi para pemimpin industri otomotif Oregon skeptis bahwa mereka dapat memenuhi tenggat waktu aturan untuk produksi kendaraan listrik.


"Ada tiga hal yang mempengaruhi adopsi kendaraan listrik. Pertama soal biaya, kedua infrastruktur, dan ketiga ketersediaan produk," kata Greg Remensperger, wakil presiden eksekutif dari Oregon Auto Dealers Association.


Kalangan industri mengingatkan produksi baterai dan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil-mobil listrik terbatas, sehingga mereka khawatir tidak akan dapat memenuhi permintaan pada tahun 2035.


Karenanya Remensperger meminta DEQ Oregon untuk mengevaluasi ulang rencana tersebut untuk memastikan bahwa produsen siap mendukung. Ia pun mengritik pemberlakuan aturan di California tidak mengadopsi permintaan industri.


Menanggapi pertanyaan tentang kekhawatiran industri bahwa California tidak cukup mendengarkan industri, serta kekhawatiran Oregon hanya akan meniru apa yang dilakukan California, Mills berkata, "Kami mengikuti aturan California."


Tapi aturan belum diadopsi oleh DEQ Oregon. Pemerintah negara bagian ini akan mengadakan pertemuan publik pertama mereka untuk menjelaskan aturan minggu depan. Setelah itu, komentar publik akan dibuka. Mills berharap aturan sudah bisa diputuskan pada akhir tahun.(fj)