EmitenNews.com - Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Kalimantan Timur akan dibangun sebagai kota inklusif dan ramah perempuan. Otorita IKN mengungkapkan, hal itu salah satu prinsip pembangunan IKN seperti tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2023 tentang Perincian Rencana Induk IKN.

 

"Inklusifitas dan kesetaraan gender ini layaknya yang menjadi prinsip pembangunan," kata Staf Khusus Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kepala OIKN Diani Sadiawati di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

 

Dengan prinsip seperti itu, IKN akan menjadi kota aman, nyaman, dan terjangkau oleh penduduknya termasuk anak, perempuan, kelompok lanjut usia, dan penyandang disabilitas.

 

Pelibatan masyarakat lokal terutama perempuan menjadi fokus OIKN. Salah satu langkahnya adalah pelatihan penanaman hidroponik, pembuatan batik, kue, menjadi barista. Dengan begitu, perempuan di IKN diharapkan memiliki banyak kesempatan.

 

"Inilah yang menjadi poin bahwa perempuan di mana pun sebenarnya punya kemampuan, dan mereka malah yang sekarang ini memimpin dari desa sekitar IKN," kata Diani Sadiawati. ***