EmitenNews.com - PT Pakuwon Djati (PWON) melaporkan salah satu anak usahanya yakni PT Jakarta Investindo Indonesia (JII) bermaksud melakukan penambahan modal sebanyak-banyaknya sebesar Rp147,9 miliar terhadap Perusahaan Patungan. Tujuannya mempertahankan kepemilikan saham JII sebesar 30 persen dari total saham Perusahaan Patungan tersebut.


Dalam prospektus, yang dikutip Rabu (10/8/2022), manajemen PWON mengungkapkan, saat yang bersamaan dengan JII, pemegang saham lainnya dari Perusahaan Patungan tersebut juga akan melakukan penambahan modal. Dengan begitu, susunan pemegang saham Perusahaan Patungan setelah penambahan modal tersebut tidak akan berubah, yakni JII tetap memiliki 30 persen dari total saham Perusahaan Patungan.


JII juga berencana melakukan Rencana Penjualan Tanah dengan nilai penjualan sebesar Rp365.270.500.000 (tidak termasuk PPN). Tanah yang akan dijual itu berlokasi di Kelurahan Bojong Sari, Kecamatan Bojong Sari, Kota Depok, Jawa Barat, seluas 104.363 M2 kepada Perusahaan Patungan yang dimiliki oleh JII.


"JII memiliki tanah dengan total luasan sebesar 227.169 m2 yang berlokasi di Kelurahan Bojong Sari, Kecamatan Bojong Sari, Kota Depok, Jawa Barat, yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan komersial dan hunian.”


Perseroan mengundang partner untuk melakukan pengembangan tanah tersebut melalui pendirian Perusahaan Patungan yang dimiliki bersama antara JII sebesar 30 persen dan partner perusahaan penanaman modal asing sebesar 70 persen. JII akan melakukan Rencana Penjualan Tanah kepada Perusahaan Patungan dan juga JII akan melakukan Rencana Penambahan Modal kepada Perusahaan Patungan.


“Selanjutnya tanah tersebut dikembangkan bersama-sama antara JII dan partner perusahaan penanaman modal asing dengan menggunakan modal bersama melalui Perusahaan Patungan." terangnya.


Penting dicatat, Rencana Transaksi ini memberikan manfaat kepada JII. Di antaranya, JII akan memperoleh keuntungan dari pelaksanaan Rencana Penjualan Tanah, Perseroan memiliki tambahan portofolio proyek yang sesuai lokasi strategis dan sesuai konsep pengembangan Perseroan,


“Perseroan memiliki tambahan sumber pendapatan pada laporan keuangan dari konsolidasi porsi saham JII pada Perusahaan Patungan dan memiliki tambahan sumber pendapatan dari pembagian dividen atas porsi saham pada Perusahaan Patungan.” ***