Corporate Secretary PT KPI, Ifki Sukarya, menyatakan bahwa strategi akselerasi yang dilakukan PT KPI sejalan dengan tujuan dibangunnya Proyek RDMP Balongan.


“Proyek RDMP Balongan memiliki tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan Kilang Balongan dari 125 ribu barrel per hari menjadi 150 ribu barrel per hari dan meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi standard EURO V yang lebih ramah lingkungan,” jelas Ifki.


Tujuan lainnya, yakni meningkatkan kompleksitas kilang dengan menambah unit konversi demi menghasilkan lebih banyak produk bernilai tinggi. Terakhir, Proyek RDMP diharapkan dapat meningkatkan fleksibilitas pengolahan crude (minyak mentah) agar mampu mengolah crude yang lebih sour. Adapun produk-produk yang dihasilkan dari RDMP Balongan antara lain Solar, Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.


“Mewakili Pertamina, kami mohon dukungan seluruh stakeholder agar PT KPI dapat terus merealisasikan capaian-capaian Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balongan.


Spirit PT KPI dalam mengawal proyek ini tak hanya berorientasi pada profit tetapi juga bentuk integritas perusahaan dalam menjamin ketahanan energi di Indonesia dan memberikan dampak sosioekonomi yang signifikan melalui penyerapan TKDN,” tutup Ifki.(fj)