EmitenNews.com - Indeks saham di Asia pagi ini Kamis (16/9) dibuka naik tipis mengikuti pergerakan indeks saham utama di Wall Street semalam yang berusaha pulih dari tekanan jual yang berat di awal bulan ini. Analis Phillip Sekuritas, Dustin Dana Pramitha, memperkirakan kenaikan indeks saham di AS dan global ini ditopang oleh meredanya kekhawatiran atas prospek pertumbuhan ekonomi global.


PBB mengatakan ekonomi global tahun ini diprediksi akan mengalami fase pemulihan tercepat dalam hampir 5 dekade terakhir, namun memberi peringatan mengenai semakin dalamnya jurang ketimpangan (inequality) antara negara-negara maju dan negara-negara sedang berkembang.


Sentimen positif juga datang dari rilis sejumlah data ekonomi AS. Industrial Production naik 0.4% M/M (+5.9% Y/Y) di bulan Agustus, sesuai dengan ekspektasi pasar dan setelah meningkat 0.8% M/M (+6.6% Y/Y) di bulan Juli. Kenaikan Industrial Production dibatasi oleh penutupan operasi akibat Badai Ida di penghujung bulan Agustus.


Harga Impor (Import Prices) AS di bulan Agustus turun 0.3% M/M (+9.0% Y/Y). Ini adalah penurunan pertama kali sejak bulan Oktober 2020 dan bertolak belakang dengan ekspektasi pasar yang justru naik 0.3%. "Data ini juga selaras dengan data inflasi (CPI) AS yang dirilis kemarin dimana inflasi terlihat mulai melambat bulan lalu dan di yakini telah melewati puncaknya," kata Dustin.


Data NY Empire State Manufacturing Index lompat ke level 34.4 bulan lalu dari level 18.3 dan sedikit lebih baik dari ekspektasi pasar yang hanya naik ke level 18. Data ini memberi indikasi kuatnya pertumbuhan aktifitas sektor manufaktur di negara bagian New York.


Untuk hari ini menurutnya investor menantikan rilis data penjualan ritel bulan Agustus dan juga data mingguan pasar tenaga kerja (Weekly Jobless Claims) dari AS. Dari Australia, investor menantikan rilis Tingkat Pengangguran bulan Agustus.


Berikut teknikal saham rekomendasi Phillip Sekuritas hari ini.


AALI
Short Term Trend : Bullish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 8,450
Target Price 1 : 8,650
Target Price 2 : 8,875
Stop Loss : 8,275


BDMN
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 2,520
Target Price 1 : 2,740
Target Price 2 : 2,820
Stop Loss : 2,400


WSKT
Short Term Trend : Bearish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 865
Target Price 1 : 920
Target Price 2 : 985
Stop Loss : 795


MARK
Short Term Trend : Bullish
Medium Term Trend : Bullish
Trade Buy : 990
Target Price 1 : 1,030
Target Price 2 : 1,045
Stop Loss : 965.(fj)