EmitenNews.com - Pefindo menaikkan peringkat PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) menjadi idAAA dengan prospek stabil dari sebelumnya idA dengan prospek positif.


Pada saat yang sama, Pefindo juga menaikkan peringkat obligasi Mandala Finance yang masih beredar menjadi idAAA dari sebelumnya idA dan sukuk yang beredar menjadi idAAA(sy) dari idA(sy).


Tindakan pemeringkatan ini menindaklanjuti realisasi akuisisi saham Mandala Finance oleh MUFG Bank Ltd sebesar 70,6% dan PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance, peringkat idAAA/stabil) sebesar 10%. Kedua pemegang saham baru tersebut juga telah menugaskan perwakilannya di jajaran manajemen Perusahaan.


"Kami juga berpandangan bahwa Mandala Finance akan mendapatkan manfaat yang besar dari potensi sinergi seperti penyelarasan proses underwriting dan manajemen risiko, fasilitas pembiayaan bersama dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk sebagai sister company, dan standby facility dari MUFG Bank," demikian keterangan resmi Pefindo.


Dengan menjadi bagian dari MUFG Group juga akan meningkatkan fleksibilitas keuangan dalam memperoleh sumber pendanaan dengan tingkat bunga yang lebih kompetitif, sehingga semakin meningkatkan diversifikasi pendanaan Perusahaan.


Peringkat Perusahaan terutama dipicu oleh tingkat kemungkinan dukungan yang sangat kuat dari MUFG Bank, selain profil kredit standalone yang mencerminkan profil permodalan yang sangat kuat dan kinerja profitabilitas yang kuat, tetapi dibatasi oleh kualitas asset yang moderat.


"Kami dapat menurunkan peringkat jika terdapat penurunan tingkat dukungan dari MUFG Bank, termasuk jika indikator bisnis dan keuangan Mandala Finance melemah secara substansial tanpa adanya sinyal bantuan segera dari Induknya Mandala Finance fokus pada pembiayaan sepeda motor baru dan bekas," Pefindo mengingatkan.


Per 13 Maret 2024, pemegang saham Perusahaan terdiri dari MUFG Bank (70.6%), Adira Finance (10.0%), dan publik (19.4%).(*)