EmitenNews.com - PEFINDO menegaskan peringkat idAA untuk PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan Obligasi Berkelanjutan I. Outlook untuk peringkat Perusahaan adalah stabil.

Peringkat tersebut mencerminkan jaringan infrastruktur logistik yang ekstensif, profil keuangan yang kuat, dan permintaan yang kuat terhadap bahan bakar minyak dan kimia dasar.

 

Namun, peringkat dibatasi oleh paparan terhadap harga komoditas. Peringkat dapat dinaikkan jika AKRA secara substansial memperkuat profil bisnisnya dengan meningkatkan pendapatan berulang dan memperluas pangsa pasarnya di bisnis inti, yaitu perdagangan dan distribusi, serta mempertahankan struktur permodalan yang konservatif dan proteksi arus kas yang kuat.

Kami dapat menurunkan peringkat jika pendapatan atau EBITDA Perusahaan jauh di bawah target, atau jika menambah utang lebih tinggi dari yang diproyeksikan tanpa diimbangi dengan kenaikan EBITDA, yang akan memperburuk profil keuangannya.

 

AKRA bergerak dalam bisnis perdagangan dan distribusi bahan bakar serta kimia dasar di Indonesia. Melalui anak usahanya, Perusahaan juga bergerak dalam bidang usaha logistik, manufaktur, kawasan industri yang terintegrasi, dan pelabuhan.

Pada 30 September 2023, pemegang saham Perusahaan terdiri dari PT Arthakencana Rayatama (59,74%), manajemen Perusahaan (1,62%), publik (36,96%, masing-masing dengan kepemilikan di bawah 5%), dan saham treasuri (1,68%).