EmitenNews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk Bank BTPN Tbk (BTPN). Pandangan atas peringkat perusahaan tersebut adalah stabil.

Pefindo menilai peringkat tersebut mencerminkan BTPN yang mendapat dukungan sangat kuat untuk dari Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) sebagai induk perusahaan, profil permodalan dan posisi pasar yang kuat.

“Namun, ratingnya sebagian diimbangi oleh ketatnya persaingan di industri perbankan,” tulis Pefindo dalam keterangan resminya, Minggu (24/3).

Meski demikian, peringkat dapat diturunkan jika Pefindo melihat adanya pelemahan tingkat dukungan dan kepemilikan SMBC terhadap BTPN. Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan jika profil bisnis atau kinerja keuangan BTPN memburuk secara signifikan, tanpa adanya indikasi dukungan dari SMBC.

Sebagai informasi, BTPN adalah bank umum yang fokus pada segmen korporasi, pensiunan, Usaha Mikro,Kecil & Menengah (UMKM), dan konsumer. Per 31 Desember 2023, pemegang sahamnya terdiri dari SMBC (89,98%), PT Bank Central Asia Tbk (1,02%), PT Bank Negara Indonesia Tbk (0,15%), saham tresuri (1,13%), dan publik (7,72%).