EmitenNews.com -Emiten konstruksi BUMN , PT PP (Persero) Tbk (PTPP) memberikan penjelasan secara rinci terkait 7 proyek yang dikerjakan oleh perseroan senilai Rp 3,75 triliun per Mei 2023 di Ibu Kota Nusantara (IKN).


"Perseroan telah memperoleh kontrak baru dari IKN sebesar Rp 3.755.182.420.352 per Mei 2023 yang terdiri dari 7 proyek yang dikerjakan oleh perseroan," kata manajemen mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (13/6).


Adapun ketujuh proyek tersebut di antaranya, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan ( KIPP ) Tahap 1, penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan ( KIPP ) Tahap 2, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat, Jalan Tol IKN Segmen B3 (Kariangau - Sp. Tempadung), Gedung Istana Negara, Kantor Kepresidenan, dan Gedung Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.


"Perseroan telah menyelesaikan proyek pekeriaan Penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan ( KIPP ) Tahap 1 yang telah mencapai 100% pada bulan Mei 2023," tegasnya.


Saat ini Perseroan sedang mengerjakan proyek Penyiapan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan ( KIPP ) Tahap 2 dan telah mencapai 52,14% dengan target penyelesaian di bulan November 2023.


Sesuai dengan yang tertuang dalam kontrak kerja, skema pembayaran yang digunakan oleh Perseroan dalam pembangunan proyek-proyek IKN adalah dengan menggunakan skema pembayaran secara bertahap sesuai dengan progres pekerjaan dengan sistem pembavaran monthly payment atau milestone menyesuaikan dengan kondisi kontraknya.


Sementara, terkait pekerjaan proyek lainnya, yaitu, Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Barat saat ini sudah mencapai 22,36%, Jalan Tol IKN Segmen 3B (Kariangau - Sp. Tempadung) saat ini sudah mencapai 22,34%, Gedung Istana Negara saat ini sudah mencapai 12,83%, Kantor Kepresidenan saat ini sudah mencapai 12,52%, dan Gedung Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia saat ini sudah mencapai 6,99%.