EmitenNews.com - Pemerintah menargetkan konsolidasi seluruh moda transportasi di DKI Jakarta akan selesai pada 2023. Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan pemerintah menginginkan ada satu ekosistem besar moda transportasi, khususnya di DKI Jakarta.


"Yang sedang kita usahakan adalah konsolidasi seluruh moda transportasi yang ada di Jakarta, antara MRT, LRT, TransJakarta, biar jadi satu ekosistem," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (5/12/2022).


Menurut Menteri Erick, dengan terkonsolidasi maka pengguna moda transportasi bisa mendapatkan kemudahan akses. Dengan begitu, kata dia, pengguna transportasi bisa dapat kemudahan akses, jadi tidak pusing ganti kartu. Ini kita dorong dari awal, tetapi ini jadi target 2023.


Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengemukakan, Kementerian BUMN juga terus mendorong penyelesaian proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan LRT Jabodebek, sebagai salah satu pendukung ekosistem transportasi di DKI Jakarta. Proyek KCJB ditargetkan bisa beroperasi sesuai rencana sekitar Juni atau Juli 2023.


"Kemarin sudah disetujui PMN sebesar Rp3,2 triliun, sudah sepakati dan sekarang sedang diproses di Komisi XI untuk dicairkan akhir tahun," kata Tiko, sapaan akrab Wamen BUMN ini. ***