EmitenNews.com - Dian Swastatika (DSSA) mengurungkan gelaran rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa hari ini, Senin, 7 Februari 2022. Tidak jelas alasan dibalik penundaan tersebut. Dengan begitu, sejumlah agenda terpaksa untuk sementara mundur.


Berdasar skenario, semula rapat akan berlangsung pukul 09.00 WIB di Sinar Mas Land Plaza, Menara 2, Lantai 39, Jalan MH Thamrin, Jakarta. ”Untuk jadwal menunggu pengumuman lebih lanjut,” tutur Susan Chandra, Corporate Secretary Dian Swastatika Sentosa, akhir pekan lalu. 


Sejatinya, pada hajatan itu, Dian Swastatika akan meminta persetujuan pengambilalihan saham Dampier dari BHP oleh SMC. Nilai akuisisi oleh SMC, entitas anak GEAR via Stanmore USD1,35 miliar. Oleh karena itu, untuk memenuhi persyaratan POJK 17/2020, akan meminta persetujuan pemegang saham atas aksi tersebut.


Sekadar informasi, Dian Swastatika melalui entitas usaha yaitu SMC Holding Pty Ltd mengakuisisi saham Dampier Coal Pty Ltd (Dampier) senilai USD1,35 miliar. Pembelian 80 persen saham Dampier di BHP Mitsui Coal Pty Ltd (BMC) dari BHP Minerals Pty Ltd (BHP).


Menyusul transaksi, entitas usaha Dian Swastatika itu, akan melakukan pembayaran tiga tahap sesuai perundang-undangan berlaku. Tahap pertama USD1,1 miliar saat penuntasan transaksi. Tahap dua USD100 juta harus tuntas tidak melebihi waktu enam bulan usai transaksi. Dan, tahap tiga maksimum USD150 juta.


Dian Swastatika berharap transaksi itu memberi nilai tambah jangka panjang bagi seluruh pemegang saham. Memperkuat posisi Dian Swastatika sebagai salah satu pemain terkemuka bisnis batubara metalurgi di Asia dan Oseania. Meningkatkan daya tarik investasi, dan menyediakan akses sumber pendanaan lebih besar, dan kompetitif bagi Dian Swastatika, dan anak usaha.  


Sekadar informasi, SMC merupakan entitas anak milik Stanmore Resources Ltd (Stanmore), entitas anak tidak langsung Dian Swastatika melalui Golden Investments Pte. Ltd (GIA). GIA, entitas anak dari entitas anak langsung Dian Swastatika yaitu Golden Energy and Resources Ltd (GEAR).


Stanmore dan GEAR telah ikut menjadi pihak dalam share sale and Purchase Agreement (SPA) sebagai penjamin. Stanmore setuju menjamin seluruh kewajiban SMC berdasar SPA, dan GEAR setuju menjamin kewajiban Stanmore (sebagai penjamin) sehubungan dengan pembayaran atas harga pembelian, dan biaya pemutusan, dengan jumlah maksimum keseluruhan USD600 (setelah dikurangi dana lain diberikan kepada Stanmore oleh GEAR).


Pembayaran akan jatuh tempo pada atau setelah penyelesaian transaksi jika syarat transaksi dipenuhi atau dikesampingkan sesuai SPA (termasuk memperoleh persetujuan dari pemegang saham Dian Swastatika, dan Stanmore gagal membayar harga pembelian yang relevan atau gagal membayar biaya pemutusan dalam hal dimana biaya tersebut menjadi harus dibayar. (*)