EmitenNews.com -Profil kredit penambang dan kontraktor batubara Indonesia akan tetap memadai untuk tingkat peringkat mereka, meskipun harga batubara diperkirakan akan moderat pada 2H23, kata Fitch Ratings. 

 

Likuiditas untuk entitas-entitas yang diperingkat di sektor ini tetap kuat dengan saldo kas yang kuat, operasi batu bara yang stabil dengan pendapatan yang tangguh, persyaratan belanja modal organik yang sederhana, dan jatuh tempo utang jangka pendek yang terbatas. 

 

“Kami berharap investasi yang didorong oleh diversifikasi untuk perusahaan tertentu didukung oleh penyangga kas mereka yang kuat, tanpa mempengaruhi profil keuangan mereka secara signifikan,” tulis Fitch Ratings dalam keterangannya yang dikutip, Senin (14/8/2023).

 

Estimasi kami untuk pendapatan 2H23 yang moderat sebagian besar didorong oleh asumsi harga batubara rata-rata yang lebih rendah daripada harga yang stabil di 1H23. 

 

Fitch telah menaikkan asumsi harga batubara termal untuk 2024-2026 dan harga pertengahan siklus, namun asumsi harga jangka pendek kami untuk 2023 disesuaikan ke bawah.

 

Fitch memiliki Outlook Stabil untuk semua produsen dan kontraktor batu bara berperingkat di Indonesia, kecuali Golden Energy and Resources Limited (GEAR), dengan peringkat 'B+' di Rating Watch Evolving karena usulan transaksi saham. 

 

Prospek Stabil didukung oleh ekspektasi kami akan ruang peringkat yang memadai, didukung oleh saldo kas yang kuat yang terakumulasi selama periode harga batubara yang sangat kuat pada tahun 2021-2022, persyaratan belanja modal/investasi yang dapat dikelola, dan laba yang berkelanjutan karena operasi batubara yang stabil.

 

Likuiditas untuk entitas-entitas yang diperingkat di sektor ini tetap kuat, dibantu oleh saldo kas yang kuat, operasi batu bara yang stabil dengan pendapatan yang tangguh, persyaratan belanja modal organik yang sederhana, dan jatuh tempo utang jangka pendek yang terbatas. 

 

Menurut kami, investasi yang didorong oleh diversifikasi dari beberapa perusahaan akan didukung oleh saldo kas mereka yang kuat. Kenaikan Sedang di Prakiraan Harga Batubara Jangka Menengah Fitch menaikkan asumsi harga batubara termal untuk 2024-2026 dan harga pertengahan siklus, sedangkan asumsi harga jangka pendek untuk 2023 disesuaikan ke bawah.