EmitenNews.com -Prapenjualan setahun penuh akan berkinerja lebih baik, Fitch Ratings telah meningkatkan perkiraan penjualan terkontrak setahun penuh untuk perusahaan pembangun rumah di Indonesia menjadi pertumbuhan 5%-10% yoy pada tahun 2023, dibandingkan dengan perkiraan kami sebelumnya yang memperkirakan penurunan sebesar 5% yoy. 

 

Kinerja pada 2Q23 yang sangat kuat, periode yang biasanya tidak aktif karena libur Idul Fitri, membantu meningkatkan pertumbuhan keseluruhan 1H23 menjadi 6% yoy. Kami memperkirakan kinerja yang stabil akan terus berlanjut selama enam hingga 12 bulan ke depan, didukung oleh permintaan yang sehat dari pembeli rumah pertama dan yang melakukan upgrade, serta lingkungan makroekonomi dalam negeri yang mendukung. 

 

Pemilihan Netral terhadap Permintaan: Kami memperkirakan penjualan terkontrak akan mempertahankan momentumnya di 2H23 dan 1H24, meskipun akan ada pemilihan umum yang akan datang pada bulan Februari 2024. Hal ini karena kami yakin mayoritas penjualan pembangun rumah berasal dari pengguna akhir dan pemutakhiran, berdasarkan pada campuran pembelian yang didanai hipotek bank. 

 

Fitch memperkirakan bahwa hampir 70%-80% rumah yang dijual oleh emiten yang diperingkat dibeli menggunakan hipotek, dan kami memperkirakan hal ini akan terus berlanjut, didukung oleh persaingan untuk pinjaman rumah di antara bank-bank domestik besar di tengah likuiditas yang kuat. 

 

Rumah Mahal Mendongkrak Penjualan 1H23: Beberapa pengembang rumah terperingkat melaporkan peningkatan harga rumah mahal di atas Rp5 miliar per unit (lebih dari USD320.000) dalam bauran penjualan terkontrak mereka, terutama di 2Q23, sehingga meningkatkan kinerja. 

 

Campuran rumah mahal dalam bauran penjualan PT Ciputra Development Tbk (CTRA, BB-/Stabil) naik menjadi 12% pada 2Q23 (2022: 7%), sementara PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSD, BB-/Stabil) memperkirakan hampir setengah dari penjualannya berasal dari segmen ini. PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI, B-/Stabil) juga melaporkan kenaikan tajam harga rata-rata rumah terjual.