EmitenNews.com - Menteri BUMN, Erick Thohir bersama dengan PT. Pupuk Indonesia merealisasikan bantuan berupa pupuk, traktor tangan dan handsprayer elektrik untuk para petani di Desa Besur, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.


Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memperkuat kemampuan petani agar semakin produktif dan sejahtera.


Kepala Bagian Departemen Agrosolution PT Petrokimia Gresik, Sahran mengatakan, pemberian bantuan tersebut merupakan bagian dari program gagasan Erick Thohir, yaitu Makmur (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat).


Sahran menjelaskan, program ini adalah komitmen dari BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia, termasuk di Lamongan.


“Ini adalah program dari Kementerian BUMN yaitu Makmur yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai petani,” ujar Sahran selepas acara penyerahan bantuan dari Erick Thohir bersama Pupuk Indonesia, Senin (27/6/2022).


Ia juga menjelaskan, jika bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kedatangan Erick Thohir ke Desa Besur beberapa waktu lalu.


Dalam kunjungan itu, masyarakat meminta bantuan alat pertanian kepada Eks Presiden Inter Milan tersebut.


“Apa yang kita lakukan ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dari Kementerian BUMN, khususnya Pak Erick Thohir saat kunjungannya tempo lalu. Kami akan mengoptimalkan bantuan dari segi pendistribusian alat tani dan pupuknya,” jelasnya.


Adapun Kepala Desa Besur, Abdul Harissuhud menerima langsung bantuan tersebut dan mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Erick Thohir kepada para petani.


“Kami petani masyarakat Besur, Kabupaten Lamongan mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Erick Thohir atas perhatian dan kepeduliannya. Alhamdulillah satu unit hand tractor, tiga handsprayer elektrik, dan dua pupuk demplot telah kami terima,” ujar Haris.


Tokoh Masyarakat Lamongan itu mengatakan, bantuan dari Erick Thohir kepada warga di desanya, bukanlah yang pertama.


Sebelumnya juga telah direalisasikan bantuan alat pertanian lainnya dari Erick Thohir.


“Ini kali kedua Bapak Erick Thohir memberikan bantuan kepada petani di desa kami. Sebelumnya drone sprayer dan bed dryer juga telah kami terima dari Bapak Erick Thohir,” ujar Haris. Menurutnya bantuan alat tani ini sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas para petani di wilayahnya.(fj)