EmitenNews.com - Merdeka Battery Materials (MBMA) meminjami modal anak usaha USD28,05 juta. Fasilitas pinjaman tersebut mengguyur PT Merdeka Industri Anantha (MIA). Pinjaman lunak dari emiten Boy Thohir itu, untuk kegiatan usaha anak usaha MIA.


Berdasar syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan dalam perjanjian, fasilitas pinjaman tersebut untuk mendukung kegiatan usaha anak-anak perusahaan MIA dengan cara penyediaan utang, penyetoran modal dan/atau uang muka setoran modal.


Terhadap pinjaman itu, MIA dikenai bunga penjumlahan dari secured overnight financing rate untuk setiap periode bunga, dan 4,75 persen per tahun. Jangka waktu dana pembiayaan mulai sejak tanggal efektif, dan akan berakhir maksimal pada tanggal jatuh pada tiga bulan sejak tanggal efektif. 


”Tujuan transaksi tersebut agar MIA dapat menggunakan dana fasilitas pinjaman untuk keperluan umum perusahaan secara umum. Dan, transaksi itu, lebih efisien dilakukan antara perseroan dengan MIA,” tegas Deny Greviartana Wijaya, Corporate Secretary Merdeka Battery Materials. 


Transaksi itu, masuk afiliasi. Pasalnya, MIA merupakan perusahaan terkendali dengan porsi kepemilikan saham sebanyak 99 persen. Lalu, ada anggota direksi perseroan juga menjabat sebagai anggota direksi dan/atau dewan komisaris MIA. (*)