EmitenNews.com - MNC Energy Investment (IATA) akan menggelar private placement 2.523.822.150 helai alias 2,53 miliar lembar. Penerbitan saham anyar itu, dibanderol nilai nominal Rp50 per lembar. Pengeluaran saham baru itu setara 10 persen dari seluruh saham disetor penuh perseroan. 


Hajatan itu akan digelar paling telat dua tahun sejak mendapat restu pemegang saham pada 16 Juni 2023 mendatang. ”Seluruh dana hasil private placement setelah dikurangi biaya-biaya, akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan, dan keuangan perseroan, termasuk namun tidak terbatas pada cadangan peningkatan modal kerja perseroan,” tulis manajemen MNC Energy Investment. 


Dengan adanya sejumlah saham baru yang diterbitkan dalam private placement, bagi pemegang saham perseroan akan mengalami penurunan (dilusi) kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang diterbitkan yaitu maksimal 9,09 persen setelah private placement. 


Nah, untuk memuluskan rencana itu, perseroan akan meminta restu pemegang saham. Izin itu akan diminta melalui rapat umum pemegang saham luar biasa pada Jumat, 16 Juni 2023 pukul 09.30 WIB, di iNews Tower Lantai 3, Jalan Kebon Sirih nomor 17-19, Jakarta. (*)