EmitenNews.com -PT FKS Multi Agro Tbk (FISH) melaporkan bahwa pada 22 Desember 20223, talah melakukan penyertaan saham di PT Berill Jaya Sejahtera dan pendirian PT Padi Raya Sejahtera.

Merujuk keterangan resmi yang di kutip, Rabu (27/12/2023). Farah Reza Praditya Corporate Secretary FKS Multi Agro mengatakan, dalam rangka memperkuat rantai pasokan PT FKS Multi Agro Tbk sebagai perusahaan perdagangan bahan baku pakan dan pangan nasional, Perusahaan melakukan penyertaan saham di PT Berill Jaya Sejahtera, yang merupakan perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam industri penggilingan padi dan penyosohan serta perdagangan beras berdomisili di Semarang, Jawa Tengah.

Transaksi ini dilakukan untuk mendukung pengembangan usaha dan meningkatkan nilai tambah Perusahaan secara group, sehingga ke depannya para pihak dapat menjalin kerjasama yang saling menguntungkan khususnya dalam bidang perdagangan beras.

Secara detail, FKS Multi Agro (FISH) menggelontorkan investasi senilai Rp62,5 miliar. Itu dengan menyerap 26.667 saham Berill Jaya Sejahtera (Berill), entitas usaha Anak Raja Nusantara (ARN).

Dengan perjanjian itu, komposisi pemegang saham Berill menjadi sebagai berikut. ARN menjadi pengendali Berill dengan koleksi 80 ribu lembar alias 75 persen. Lalu, FKS Multi Agro mengempit 26.667 saham atau 25 persen. 

Selanjutnya, FKS Multi Agro dan Berill bersama-sama mendirikan Padi Raya Sejahtera (PRS). PRS bergerak bidang perdagangan, industri penggilingan padi, dan penyosohan. Komposisi pemegang saham PRS menjadi sebagai berikut.

Berill menguasai saham PRS sebanyak 2.500 lembar setara dengan 25 persen. Lalu, FKS Multi Agro menggenggam 7.500 eksemplar alias 75 persen. Transaksi itu, bukan afiliasi sebagaimana POJK No. 42/POJK.04/2020, dan bukan transaksi material sebagaimana POJK 17/POJK.04/2020.