EmitenNews.com - Setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Perry Warjiyo secara resmi kembali melanjutkan kepemimpinannya sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2023-2028.


Perry Warjiyo akan secara resmi dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia periode 2023-2028 melalui pengucapan sumpah jabatan di Mahkamah Agung.


Pelantikan dimulai pukul 09.00 WIB di Gedung Mahkamah Agung RI, Jakarta, Rabu, 24 Mei 2023. Ketua MA Syarifuddin menyampaikan, berdasarkan surat Keputusan Presiden RI No 38/P/2023 tanggal 5 Mei 2023 Saudara Perry Warjiyo telah diangkat sebagai Gubernur BI.


“Sebelum memangku jabatan Gubenur BI, anda wajib mengucapkan sumpah jabatan. Apakah anda bersedia mengucapkan sumpah jabatan menurut agama dan kepercayaan anda?,” tanya Syarifuddin. Perry menjawab, “Bersedia.”


Kemudian Perry Warjiyo mengucapkan sumpah jabatannya dihadapan Ketua MA dengan ayat suci Al-quran diatas kepalanya.


“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama dan dari apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu kepada siapapun juga. Saya bersumpah dalam melakukan apapun dalam jabatan ini langsung atau tidak langsung ataupun janji dalam bentuk apapun,” katanya.


“Saya bersumpah bahwa saya akan melaksanakan tugas dan kewajiban Gubernur BI sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Saya bersumpah akan setia kepada negara, konstitusi dan haluan negara,” ungkap Perry.


Setelah pengucapan sumpah jabatan selesai, Perry menandatangani berita acara di depan ketua MA.


Dengan demikian, susunan Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi sebagai berikut:


Gubernur: Perry Warjiyo

Deputi Gubernur Senior: Destry Damayanti

Deputi Gubenur:

Doni Primanto Joewono
Juda Agung
Aida S. Budiman
Filianingsih Hendarta


Jabatan tersebut merupakan periode kedua Perry Warjiyo sebagai Gubernur BI. Sebelumnya, Perry Warjiyo diangkat sebagai Gubernur BI periode 2018-2023 sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 70/P Tahun 2018 tanggal 16 April 2018.


Dalam pelantikan ini, pejabat BI terlihat hadir seperti Anggota Dewan Gubernur BI yakni Destry Damayanti. Kemudian, Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar. Selain itu, beberapa Menteri Kabinet juga tampak hadir seperti Menteri Keuangan, Menko Perekonomian dan lainnya.(*)