EmitenNews.com - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Commercial & Trading, PT Pertamina Patra Niaga, mulai 1 Desember 2022 lalu melakukan uji coba penerapan subsidi tepat untuk produk Solar. Ujicoba dilakukan secara menyeluruh/full cycle di 11 kabupaten/kota, termasuk Jawa Timur.


Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani, dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Selasa, mengatakan, uji coba ini diterapkan di 11 Kota/Kabupaten di Indonesia.


"Di Jawa Timur, ada tiga kota/kabupaten yang lebih dulu melakukan uji coba, yaitu Kota Mojokerto, Kota Kediri dan Kabupaten Lumajang," ungkapnya.


Menurut dia, uji coba penerapan subsidi tepat dilakukan untuk melihat kesiapan infrastruktur digital serta kesiapan pengawas dan operator SPBU dalam mengimplementasikan mekanisme full cycle subsidi tepat.


Deden mengatakan, tujuan dilaksanakannya uji coba full cycle ini adalah untuk menyalurkan BBM subsidi khususnya biosolar agar tepat sasaran dan real time sesuai dengan Ketentuan penggunaan BBM Subsidi yaitu Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM dan Surat Keputusan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (SK Kepala BPH Migas) Nomor 4 Tahun 2020.


Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang sudah mendapatkan QR Code atau sudah terdaftar di laman Subsidi Tepat, bisa membeli Solar subsidi dengan volume sesuai dengan SK BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020 yakni 60 liter per hari untuk roda 4 pribadi, 80 liter per hari untuk roda 4 angkutan barang dan umum.


Sedangkan untuk angkutan barang dan umum roda enam atau lebih dibatasi maksimal 200 liter per hari per kendaraan. Pelaksanaan uji coba full cycle hanya dilakukan bagi konsumen biosolar yang menggunakan kendaraan roda empat atau roda lebih dari enam.


"Bagi masyarakat yang belum memiliki QR Code atau belum terdaftar akan tetap dilayani pembelian solar subsidi namun dengan volume yang diatur yakni maksimal 40 liter/hari," ujar Deden.(fj)