EmitenNews.com - Subholding Gas Group PT Pertamina (Persero) yakni PT PGN Tbk dan PT Pertagas Niaga, menandatangani kesepakatan bersama jual beli gas dengan Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) untuk Lapangan MDA-MBH-MDK (3M).

 

Direktur Utama PT PGN Tbk M Haryo Yunianto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan kesepakatan bersama tersebut akan semakin meningkatkan keandalan pelayanan PGN kepada pengguna gas bumi di Jatim, Jateng, dan sekitarnya.

 

"Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan value creation bersama dan PGN Grup secepatnya dapat segera menjalankan operasinya. Market tidak hanya di Jawa Timur, tapi di seluruh dunia. Semoga kami dapat menjangkau peluang tersebut dan kami akan melakukan beberapa developing teknologi dan market agar sumber yang sudah ada, bisa disuplai ke seluruh dunia," ujarnya dalam acara penandatanganan di Jakarta, Jumat.

 

Lapangan 3M direncanakan mulai berproduksi pada minggu ketiga Oktober 2022 dengan rencana penyaluran 5-25 MMSCFD.

 

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan menambahkan dalam kesepakatan bersama ini, Subholding Gas Grup menjadi multibuyer dan siap mendukung HCML dalam pemanfaatan gas bumi Lapangan 3M untuk pelanggan di Jatim dan Jateng.

 

"Apa yang kita lakukan hari ini adalah sebuah langkah penting dan signifikan dalam upaya menyalurkan gas bumi bagi Indonesia," katanya.

 

PGN dan HCML juga telah memiliki kerja sama menyalurkan gas Lapangan BD di Jatim untuk pelanggan PGN di Jatim sejak 2017.

 

"Kerja sama ini tentunya dapat semakin meningkatkan keandalan sumber gas bumi agar upaya akselerasi pemanfaatan gas bumi PGN tidak hanya di Jateng dan Jatim, namun semakin meluas tanpa khawatir kekurangan pasokan," ujar Heru.

 

Finance & General Affairs Director Pertagas Niaga Bondan Christiandinata mengatakan kerja sama Pertagas Niaga sebagai bagian dari Subholding Gas dengan HCML ini akan menambah optimisme untuk meningkatkan kontribusi pada pemenuhan kebutuhan gas, khususnya dalam era transisi energi.