EmitenNews.com - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk, meningkatkan pemanfaatan gas bumi dengan volume hingga 3 BBTUD (billion bristh thermal unit per day) di kawasan Indonesia timur melalui penandatanganan kerja sama dengan PT Kawasan Industri Makassar (Kima).

 

Penandatanganan nota kesepahaman (MOU) kerja sama tersebut dilakukan Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Heru Setiawan dan Direktur Kima Alexander Chandra Irawan di Jakarta, Jumat (27/1/2023).

 

"PGN dan Kima akan menggali potensi kerja sama, khususnya terkait penyediaan gas bumi beserta turunannya. Baik gas pipa, CNG, ataupun LNG dapat menjadi pilihan energi utama untuk memenuhi kebutuhan energi tenant di dalam kawasan industri. Kerja sama ini berpotensi meningkatkan volume niaga gas bumi sebesar 1-3 BBTUD atas penyaluran gas bumi ke Kima dan sekitarnya," jelas Heru dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Kamis.

 

Menurut dia, penyaluran gas bumi ke Kawasan Industri Makassar, Sulsel, menjadi bentuk komitmen PGN dalam perluasan pemanfaatan gas bumi, khususnya untuk segmen retail industri di area baru seperti Makassar.

 

Saat ini, PGN tengah melancarkan upaya penetrasi pasar ke wilayah-wilayah di kawasan timur Indonesia untuk melayani sektor industri.

 

Heru mengatakan ekspansi itu dilakukan PGN dalam hal infrastruktur dan pemenuhan pasokan gas bumi baik melalui pipa maupun nonpipa.

 

PGN juga terbuka mengirimkan LNG ke luar Pulau Jawa, yang untuk mendukung pemenuhan LNG di Indonesia timur, PGN menggandeng PT Kayan LNG Nusantara.