EmitenNews.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menyampaikan bahwa terus menggenjot pendapatan yang berasal dari lini usaha selain distribusi gas melalui tiga anak usahanya.

 

Ketiga anak usaha itu, PGAS Solution (PGASSOL) yang fokus di bidang kontruksi dan pemeliharaan, PGAS Telekomunikasi Nusantara (PGASKOM) yang bergerak di sektor telekomunikasi dan PT Permata Graha Nusantara (PGN Mas).

 

Anak perusahaan terakhir, menjalankan usaha pengelolaan dan penyewaan gedung dan peralatan

 

Sampai Sembilan bulan 2023, bisnis ketiga anak usaha tersebut membukukan pendapatan sebesar USD 51,60 juta atau sekitar Rp 813,78 miliar (asumsi kurs 1 USD = Rp 15,772 per 30 Oktober 2023).

 

Jumlah itu bertumbuh sebesar 88,7 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun 2022 lalu.

 

”Pertumbuhan signifikan ini menunjukkan meningkatnya kontribusi anak usaha non migas dan sebagai bukti kemampuan PGN untuk mengoptimalkan portofolio bisnis di dalam grup,” ucap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PGAS, Fadjar Harianto Widodo, saat Public Expose Live, Rabu (29/11).

 

Fadjar menambahkan, pencapaian kinerja anak usaha yang tercatat dalam laporan keuangan PGN hingga kuartal III-2023 itu, menunjukkan adanya peningkatan kontribusi anak usaha non gas bumi.

 

”Ini sekaligus menjadi bukti kemampuan PGAS dalam mengoptimalkan setiap peluang bisnis di setiap segmen bisnis,” jelasnya.

 

Pada saat yang sama, dia menegaskan, bahwa kinerja lini bisnis niaga dan transportasi minyak dan gas bumi masih menjadi sumber utama pendapatan perseroan.