EmitenNews.com - Timnas Indonesia dipastikan melangkah ke semifinal Piala AFF 2020. Pada babak empat besar yang akan berlangsung pada Rabu (22/12/2021) itu, Squad Garuda sudah ditunggu tim Singapura. Pada laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020, di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021)malam, tim Merah Putih menghempaskan tim Malaysia 4-1


Kemenangan Timnas Indonesia, untuk memastikan tiket ke semifinal Piala AFF 2020  itu, diraih dengan kerja keras. Pasalnya, tim Garuda sempat tertinggal lebih dulu, 0-1 sebelum berbalik unggul. Gawang timnas Indonesia kawalan Nadeo Argawinata kebobolan setelah Kogileswaran Raj mencetak gol pada menit ke-13.


Timnas Indonesia kemudian membalasnya dengan empat gol. Dua di antaranya dicetak oleh Irfan Jaya (36', 43'), sedangkan dua sisanya dilesakkan Pratama Arhan (50') dan Elkan Baggott (82'). Melalui kemenangan ini, timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status sebagai juara Grup B, ditemani runner-up Vietnam.


Dari empat pertandingan, timnas Indonesia mengumpulkan 10 poin, hasil dari tiga kemenangan dan satu imbang, serupa dengan Vietnam. Selisih gol kedua kesebelasan juga sama (+9), tetapi Indonesia lebih superior soal produktivitas gol. Indonesia mencetak 12 gol, sedangkan Vietnam sembilan.


Pada semifinal AFF Suzuki Cup 2020, timnas Indonesia akan melawan runner-up Grup B, yakni Singapura, sedangkan Vietnam bertemu Thailand (juara Grup A). Sementara itu, perjalanan Malaysia terhenti di fase grup Piala AFF 2020. Harimau Malaya berakhir di peringkat ketiga Grup B dengan enam poin dari empat laga. ***