EmitenNews.com - Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16. Garuda Muda harus menaklukkan Myanmar dalam pertandingan menentukan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB, untuk melangkah ke final. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memuji Bima Sakti dalam mengantarkan anak-anak asuhnya memenangi setiap pertandingan. Doanya, langkah baik itu terus terpatri sampai sukses memboyong piala AFF U-16.


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (9/8/2022), Iwan Bule, sapaan karib Mochamad Iriawan, memuji Bima Sakti yang bisa melakukan pendekatan ke pemain. Pensiunan jenderal polisi ini, ikut mendampingi Timnas Indonesia U-16 selama perhelatan ini, sehingga masuk akal kalau ia mahfum betul bagaimana Bima Sakti mengelola timnya.


"Saya melihat langsung ke ruangan rapat anak-anak. Coach Bima sangat baik dalam melakukan pendekatan nonteknis dan memberikan motivasi. Betul-betul ada pendekatan psikologis antara pelatih dan pemain," kata Iriawan.


Sebelumnya Bima Sakti menyampaikan, senantiasa menggunakan kesempatan untuk memotivasi para pemain. Saat jeda laga, misalnya, eks pemain timnas Indonesia itu, menekankan kepada mereka, agar harus mengambil kesempatan di depan mata.


"Begitu turun minum, di ruang ganti saya sampaikan, kesempatan tidak datang dua kali. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berjuang membela bangsa dan negara. Tampil lebih maksimal lagi, manfaatkan peluang, dan kurangi kesalahan. Alhamdulillah kami bisa mencetak gol di awal-awal babak kedua," kata Bima Sakti dalam konferensi pers usai laga.


Indonesia menjadi juara Grup A di Piala AFF U-16 2022, setelah mengalahkan Vietnam 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB. Sempat bikin ketar-ketir juga. Pasalnya, Garuda Asia tertinggal lebih dulu di babak pertama lewat eksekusi penalti Nguyen Cong Phuong, 0-1. Indonesia baru bisa membalas di paruh kedua lewat gol-gol Arkhan Kaka dan Nabil Asyura, dan memastikan lolos ke semifinal.


Ini semifinal keenam bagi Indonesia. Menengok pencapaian sebelumnya, rekor tim Merah-Putih di semifinal Piala AFF U-16, tergolong kurang bagus. Pasalnya, Indonesia menang dua kali, dan gagal melangkah ke final sebanyak tiga kali.


Kemenangan Indonesia atas Australia (2013) dan Malaysia (2018). Keduanya, diperoleh dengan adu tendangan penalti.


Sementara itu, kekalahan besar pernah kita alami, saat melawan Myanmar pada semifinal Piala AFF U-16 2002. Tepat dua dekade lalu, Indonesia dihajar 0-6 oleh Myanmar.


Lainnya, Indonesia takluk di semifinal Piala AFF U-16 saat berhadapan dengan Laos dan Thailand. Indonesia menelan kekalahan 0-3 dari Laos pada Piala AFF 2007 dan tumbang 0-2 dari Thailand pada edisi Piala AFF U-16 dua tahun lalu. ***