EmitenNews.com - Sudah nasib megabintang Cristiano Ronaldo mengakhiri karier sepak bolanya tanpa pernah berhasil membawa negaranya, Portugal memboyong Piala Dunia. Dalam babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Portugal takluk dari Maroko, 0-1, dalam pertandingan di Al Thumama Stadium, Sabtu (10/12/2022) malam. Dengan kekalahan itu, CR7 dkk harus angkat koper, pulang setelah tersingkir dari ajang akbar empat tahunan tersebut.


Usai pluit panjang ditiupkan wasit, Ronaldo nampak tersungkur dan berurai air mata. Pemandangan ini berlanjut hingga dirinya memasuki ruang ganti pemain. Kekalahan dari Singa Atlas tersebut jelas memantik kesedihan pemain dan juga pendukung Selecao das Quinas, termasuk tentu sang megabintang Christiano Ronaldo itu.


Ronaldo pantas bersedih atas kekalahan pahit tersebut. Selain karena negaranya, Portugal, gagal menjadi juara, juga karena kepulangannya tanpa gelar, saat penampilan terakhirnya bersama Portugal sebelum akhirnya resmi untuk pensiun. Kemungkinan besar, pria 37 tahun tersebut, tidak bakal bermain lagi untuk Piala Dunia 2026.


Sedihnya lagi, hampir sepanjang penampilannya dalam perhelatan di Qatar itu, Ronaldo tidak dalam performa terbaiknya. Mantan pemain Manchester United, Real Madrid dan Juventus itu, banyak mendapat pemberitaan negatif.


Hal itu dimulai ketika Ronaldo membuka ‘borok’ timnya Manchester United melalui wawancara bersama Piers Morgan sebelum piala dunia 2022 dimulai. Setelah  wawancara itu ramai jadi perbincangan, Ronaldo memutuskan kontrak bersama Setan Merah di tengah Piala Dunia 2022.


Keadaan makin tidak menguntungkan bagi Ronaldo, berkaitan dengan kabar perseteruannya dengan Pelatih Portugal, Fernando Santos. Ronaldo duduk dibangku cadangan ketika timnya mampu mengalahkan Swiss 6-1 di babak 16 besar. Sempat berhembus kabar, Ronaldo bakal meninggalkan Qatar sebelum kompetisi usai. Ternyata tidak.


Pada babak perempatfinal melawan Maroko, Ronaldo duduk di kursi cadangan, sebelum akhirnya tampil di babak kedua. Namun, permainannya jauh dari performa positif, Ia hanya sempat satu kali melakukan tendangan ke arah gawang, sampai akhirnya pertandingan berakhir dengan kekalahan Portugal, 0-1.


Bagusnya, sebelum putaran terakhir Piala Dunia 2022, Ronaldo sudah deal dengan klub baru dari liga Arab Saudi Al Nassr, yang memberikan bayaran gede benar. Ia mendapat bayaran fantastis senilai 200 juta euro per musim atau setara Rp3.2 triliun. ***