EmitenNews.com - Piala Dunia Qatar 2022 milik Lionel Messi. Lama menanti, Timnas Argentina akhirnya sukses menjuarai ajang empat tahunan itu, setelah mengalahkan Prancis dalam partai final melalui adu penalti. Bermain di Stadion Lusail pada Minggu (18/12/2022) malam WIB dan berakhir Senin (19/12/2022) dini hari WIB, Messi cs memupus harapan juara Kylian Mbappe dkk.


Dalam babak final Argentina vs Prancis tadi malam yang berakhir Senin dini hari, berlangsung dramatis. Pada 2×45 menit, dan berlanjut pada perpanjangan 2x15 menit, permainan kedua tim tetap imbang 3-3. Karena itu, digelar adu penalti.


Prancis melalui Mbappe, yang mendapat giliran pertama, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Ia berhasil mengecoh kiper Argentina Amiliano Martinez, yang melompat ke kiri, sedangkan bola meluncur ke arah kanan gawang. Gol, 1 untuk Prancis. Sayangnya, dua pemain Prancis setelah itu, berturut-turut gagal menjebol gawang Martinez. Pemain ke empat sukses membuat gol. Tetapi, tidak banyak menolong, sehingga Mbappé dan kawan-kawan lesu bukan main.


Sementara itu, Messi yang mendapat giliran pertama, sukses membuat gol, sehingga memompa semangat pemain timnas Argentina lainnya. Lalu, pemain lainnya sebagai algojo penalti, juga berhasil, dan makin memupus harapan Prancis mempertahankan gelar juara yang direbut pada 2018 di Rusia.


Setelah kemenangan tersebut, seperti dilansir Associated Press, Tim Argentina yang menjadi juara Piala Dunia 2022 membawa pulang bonus sebesar USD42 juta, atau Rp630 miliar. Jangan salah, dana sebesar itu, bukan untuk para pemain. Tetapi, untuk federasi sepak bola Argentina sebagai biaya pembinaan. Meski begitu, sebagai bonus, hadiah itu tetap akan dirasakan oleh para pemain, juga pelatih.


Untuk Prancis sebagai runner up, menurut sumber yang sama kebagian hadiah, tentu lebih sedikit dari sang juara, yaitu USD30 juta, atau sekitar Rp450 miliar.


Sebagai juara ketiga, Kroasia memperoleh hadiah senilai USD27 juta atau Rp405 miliar. Lalu, Maroko yang sukses meraih juara keempat berhak atas hadiah sebesar USD25 juta, yang artinya setara dengan Rp375 miliar.


Tidak berhenti di situ saja, selain tim juara, setiap federasi sepak bola nasional mendapatkan sedikitnya USD9 juta hadiah berupa uang telah bermain di piala dunia tahun ini. Masih ada lagi biaya persiapan turnamen sebesar USD1,5 juta.


Untuk diketahui total hadiah yang disiapkan FIFA untuk Piala Dunia Qatar 2022 ini, mencapai USD440 juta, lebih besar 10 persen daripada Piala Dunia Rusia 2018, yang sebesar USD400 juta.


Besarnya hadiah yang diberikan itu, tergolong kecil, jika dibandingkan pendapatan FIFA selama empat tahun terakhir. Terutama dari sponsor dan hak siar yang mencapai USD7,5 miliar atau sekitar Rp112,5 triliun.


Sepakbola memang adalah sebuah industri, yang jika ditangani dengan baik akan memberikan nilai plus. Karena itu, menarik menunggu bagaimana persiapan Indonesia - PSSI yang akan menggelar Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah. Pertandingan itu akan dihelat pada 20 Mei-11 Juni 2023. ***