EmitenNews.com - Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai, membeli, menggunakan, dan bangga dengan produk-produk dalam negeri. Ajakan itu disampaikannya saat meluncurkan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digelar secara hibrida di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung, Jumat (20/5).


“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai dan membeli produk-produk Indonesia, serta bangga menggunakan produk dalam negeri. Seluruh masyarakat bisa menjadi pembeli,
pengguna sekaligus membantu memasarkannya," tegas Jokowi.


Produk yang dimaksudnya bukan hanya dalam bentuk barang, tapi juga obyek wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya. Yang menurutnya harus diingat adalah peningkatan pemasaran harus diikuti dengan kualitas produk dan pelayanan.


Presiden Jokowi mengatakan, gejolak perekonomian global dapat diatasi dengan strategi membelanjakan uang, baik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), swasta,
maupun masyarakat untuk membeli produk dalam negeri.


“Minimal 40 persen belanja pemerintah pusat dan daerah, serta belanja barang dan modal Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus dialokasikan untuk membeli produk dalam negeri, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ungkap Presiden Jokowi.(fj)