EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan pesan natal bagi umat Kristiani. Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Natal 2022, seraya berharap kebahagiaan selalu memayungi seluruh masyarakat Indonesia.cUcapan selamat disampaikan dalam akun Instagram, disertai foto ilustrasi bertuliskan 'Selamat Hari Raya Natal'. Sedangkan Wapres Ma'ruf Amin meminta momen natal 2022 sebagai penghapus segala sekat perbedaan. 


"Saudara-saudaraku umat Kristiani yang sedang bersukacita menyambut Hari Raya Natal di mana pun berada. Semoga kedamaian, kebahagiaan, dan cinta kasih senantiasa memayungi langkah kita semua," tulis Presiden Jokowi.


Ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya, Jokowi memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor. Jokowi mengajak jemaat gereja mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan. Jokowi mengunjungi Gereja Zebaoth, Jl. Ir. Juanda, pukul 09.10 WIB, setelah itu melanjutkan perjalanan untuk memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral, Jl Kapten Muslihat Kota Bogor.


Dalam sambutannya di Gereja Katedral Bogor, Jokowi mengajak jemaat mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan demi kebangkitan Indonesia. "Pertama-tama saya menyampaikan Selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023. Semuanya bahagia damai menyambut Natal pagi ini. Mari bersama-sama kita terus mempererat tali persaudaraan memperkuat lingkungan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semua."


Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat natal bagi umat Kristiani yang merayakan. Perayaan Natal ini, menurut mantan Ketua Umum MUI ini, harus menjadi salah satu bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia meminta momen Natal 2022 sebagai penghapus segala sekat perbedaan. Alangkah baiknya jika segala perbedaan bisa dihapus, sehingga perdamaian dan rasa persaudaraan bisa terjalin makin erat.


"Mari kita terus menabur kebaikan dan kasih yang menembus sekat-sekat perbedaan, agar kita menuai perdamaian dan persaudaraan yang makin erat," kata Wapres Ma’ruf Amin dalam keterangannya, Minggu (25/12/2022).


Wapres Ma'ruf juga mengingatkan agar pada 2023 semua masyarakat lebih optimistis, dan yakin hari esok akan berjalan lebih baik. Dengan pertolongan Tuhan, kata dia, semua ikhtiar dan kerja keras akan berbuah kesejahteraan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat. ***