EmitenNews.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN resmi dibuka. Presiden Joko Widodo membuka KTT ASEAN 2023 yang digelar di Hotel Meruorah, Manggarai Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023) sekitar pukul 08.00 Wita. Saat mengawali pembukaannya, Jokowi menyebut tiga perdana menteri yang hadir –PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Laos Sonexay Siphandone, dan PM Timor Leste Taur Matan Ruak.

 

Khusus kepada PM Taur Matan Ruak, Presiden Jokowi mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar ASEAN. Timor Leste pertama kalinya mengikuti KTT ASEAN, setelah diterima menjadi anggota tahun lalu.

 

"Selamat pagi yang mulia para pemimpin ASEAN, selamat datang di KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Indonesia. Saya ingin menyambut Yang Mulia Datuk Sri Anwar Ibrahim Perdana Menteri Malaysia, dan Yang Mulia Sonexay Siphandone Perdana Mentari Laos, dan Yang Mulia Taur Matan Ruak Perdana Menteri Timor Leste selamat bergabung di keluarga ASEAN," ujar Jokowi.

 

Keputusan Timor Leste menjadi anggota ASEAN disepakati pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Phnom Penh, Kamboja, Jumat (11/11/2022). Anggota ASEAN sepakat memberikan status pengamat (observer) kepada Timor Leste. Negara bekas wilayah salah satu provinsi Indonesia itu, Timor Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

 

"Kami para pemimpin Association of Southeast Asian Nations pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," demikian pernyataan tersebut seperti dilansir ASEAN, dikutip dari laman resminya, Kamis (17/11/2022).

 

Indonesia siap membantu Timor Leste untuk menjadi keanggotaan penuh di ASEAN. Menlu Retno Marsudi menekankan Jokowi akan menyepakati roadmap Timor Leste untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

 

Menlu Retno Marsudi mengungkap hal itu usai pertemuan bilateral Jokowi dengan beberapa pimpinan negara termasuk Timor Leste, Selasa (9/5/2023). Jokowi kata Retno, meminta Timor Leste segera memenuhi kriteria-kriteria atau tahapan untuk menjadi anggota penuh ASEAN.

 

Melalui PM Taur Matan, Timor Leste juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia terhadap keanggotaan Timor Leste. Menurut Retno, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa selama keketuaan Indonesia ini, roadmap untuk Timor Leste agar menjadi anggota penuh akan disepakati.

 

“Indonesia mengharapkan agar Timor Leste dapat segera memenuhi kriteria-kriteria yang ada di roadmap, yang besok akan diadopsi sehingga kan menjadi anggota penuh ASEAN," ujar Menlu Retno Marsudi. ***