EmitenNews.com - Fitch Ratings telah menempatkan 'B+' Jangka Panjang Emiten Default Rating (IDR) PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) pada Rating Watch Positive (RWP). Fitch juga telah menempatkan peringkat 'B+' pada uang kertas dolar AS senior tanpa jaminan perusahaan yang beredar di RWP. Peringkat Pemulihan adalah 'RR4'.


RWP tersebut menyusul pengumuman Medco tentang penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat untuk mengakuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd (CIHL), yang memegang 54% hak kerja dalam kontrak bagi hasil (production sharing contract/PSC) Blok Koridor, aset operasi di Sumatera Selatan, dan Bunga 35% di Transasia Pipeline Company Pvt Ltd. Kami memandang transaksi ini sebagai kredit-akreatif, karena akuisisi akan menambah rata-rata sekitar 45 ribu barel setara minyak per hari (mboepd) ke produksi Medco saat ini sebesar 100 bopd sementara proporsinya hampir dua kali lipat dari kontrak harga tetap.


Kami berharap profil keuangan Medco tetap kuat mengingat asumsi harga minyak Fitch, meskipun sekitar 63% dari biaya akuisisi akan didanai oleh utang dan sisanya melalui ekuitas dalam bentuk kas internal dan usulan peningkatan ekuitas hingga USD200 juta. Kami memperkirakan EBITDA dari kontrak harga tetap setelah akuisisi menjadi sekitar 3x beban bunga Medco, jauh lebih tinggi dari sekitar 1x sebelumnya.


Namun, akuisisi tersebut akan semakin melemahkan profil cadangan Medco, dengan cadangan terbukti (1P) turun di bawah enam tahun (sekitar tujuh tahun pra-akuisisi) berdasarkan produksi 2020.


Resolusi RWP bergantung pada keberhasilan penyelesaian transaksi, yang diharapkan perusahaan terjadi pada Maret 2022, dengan memenuhi persyaratan tertentu dan persetujuan pemegang saham. Tindakan pemeringkatan positif dapat muncul jika Medco menyajikan rencana yang dapat dicapai untuk meningkatkan umur cadangan terbukti sambil mempertahankan kekuatan keuangannya.


Akuisisi untuk Meningkatkan Metrik: Kami mengharapkan Koridor Blok PSC untuk memberikan kontribusi EBITDA tahunan di atas USD400 juta hingga 2023 (sekitar USD250 juta setelah 2023), yang akan membantu meningkatkan metrik kredit Medco relatif terhadap USD850 juta utang yang ditambahkan untuk mendanai pembelian. Fitch memperkirakan leverage bersih Medco (utang bersih/EBITDA) turun dari di atas 4,0x pada akhir 2020 dan tetap sekitar 2x setelah akuisisi, bahkan mempertimbangkan penurunan working interest CIHL di Corridor Block PSC menjadi 46% setelah 2023. Kami mengecualikan Anak perusahaan Medco yang dimiliki sepenuhnya, PT Medco Power Indonesia (MPI), saat menghitung leverage.


Penutupan Arus Kas Tambahan Jatuh Tempo: Medco baru-baru ini menerbitkan uang kertas dolar AS sebesar USD400 juta dan memperoleh pinjaman bank amortisasi selama dua tahun sebesar USD450 juta untuk mendanai porsi utang untuk akuisisi CIHL. Selama dua tahun ke depan, jatuh tempo utang utama Medco adalah pinjaman bank amortisasi dan berdasarkan perkiraan Fitch, Medco dapat menutupi ini melalui arus kas Blok Koridor PSC.


Profil Operasi untuk Diperkuat: Blok Koridor PSC memproduksi terutama gas, dan akan meningkatkan bagian gas dalam output Medco menjadi 75% dari 60% sekarang. Hampir semua gas dari Blok Koridor dijual melalui kontrak take-or-pay jangka panjang dengan harga tetap dengan rekanan yang kuat seperti PT Perusahaan Gas Negara Tbk (BBB-/Stabil), PT Pertamina (Persero) (BBB/Stabil) dan Gas Supply Pte Ltd, yang akan meningkatkan visibilitas pendapatan Medco. Medco memiliki skala yang lebih besar dan campuran pendapatan yang lebih menguntungkan melalui kontrak harga tetap daripada kebanyakan produsen hulu minyak dan gas kategori 'B'. Akuisisi ini akan memperkuat posisi ini.


Fitch mengharapkan posisi low cash cost Medco membaik dengan akuisisi Corridor Block PSC, yang memiliki posisi cash cost USD4 hingga USD5 per barel setara minyak (boe), lebih rendah dari cash cost Medco saat ini sekitar USD9/boe.


Umur Cadangan Terbukti yang Relatif Pendek: Kami memperkirakan umur cadangan 1P pro forma Medco turun di bawah enam tahun setelah akuisisi. Blok Koridor PSC diperkirakan memiliki umur cadangan 1P kurang dari lima tahun. Ini akan memerlukan investasi yang lebih tinggi untuk Medco dalam jangka menengah untuk meningkatkan umur cadangannya. Namun, proporsi yang tinggi dari cadangan yang dikembangkan (85% dari cadangan 1P) harus memberikan fleksibilitas selama penurunan harga minyak.


Medco mengharapkan perpanjangan PSC baru-baru ini untuk wilayah kerja Senoro-Toili dan mengharapkan keputusan investasi akhir pada Senoro fase-2 pada awal 2023 untuk menambah basis cadangannya. Rencana belanja modal pada Senoro fase-2 sudah termasuk dalam kasus dasar Fitch. Kami juga mengharapkan visibilitas lebih pada rencana pengisian cadangan di Blok Koridor PSC setelah pembaruan perjanjian jual beli gas (GSPA).


Pembaruan dan Integrasi GSPA: GSPA untuk Blok Koridor PSC berakhir pada tahun 2023. Meskipun kami yakin ada risiko minimal terhadap volume dari pembaruan mengingat pentingnya blok tersebut untuk gas domestik Indonesia, risiko harga tetap ada. Lebih lanjut, terdapat risiko terhadap integrasi mengingat ukuran Blok Koridor PSC relatif terhadap operasi Medco yang ada. Namun, pemindahan sebagian besar personel kunci yang ada di Koridor Blok PSC sebagai bagian dari akuisisi dan catatan Medco dalam mengintegrasikan aset Ophir pada tahun 2019 mengurangi risiko tersebut.


Investasi Listrik Netral: Fitch menganggap dinamika risiko MPI netral terhadap profil kredit Medco, karena investasinya di perusahaan listrik berada di luar struktur grup terbatas yang ditentukan dalam dokumentasi obligasi Medco. Dokumen tersebut membatasi investasi Medco di luar grup terbatas hingga USD300 juta, yang sebagian besar telah digunakan. Struktur tersebut membatasi arus kas keluar dari Medco ke MPI dan investasi lain di luar grup terbatas. Tidak ada klausul cross-default yang menghubungkan utang MPI dengan Medco.