EmitenNews.com - Pemkot Pagar Alam berencana membangun kereta gantung (cable car) di area wisata perkebunan teh gunung Dempo dengan menggandeng PT INKA (Persero).


Untuk merealisasikan rencana tersebut PT INKA akan melakukan studi kelayakan pembangunan sistem transportasi ini.


Senior Manager Departemen Pengembangan Bisnis PT INKA (Persero), Apoleus Karo-Karo mengemukakan bahwa transportasi wisata cable car merupakan alat transportasi berbasis kabel, di mana ruang kabin yang biasa disebut gondola diangkut di atas tanah dengan menggunakan satu kabel atau lebih.


Model transportasi ini jamak diaplikasikan di area pegunungan, pusat tambang dan area wisata, untuk kepentingan penghubung satu titik objek dengan objek lain.


“Untuk jenis kabin biasanya menggunakan gondola berkapasitas 4 sampai 12 penumpang. Kereta gantung nantinya dapat digunakan untuk menikmati pemandangan ke segala arah,” jelas Apoleous.


Walikota Pagar Alam, Alpian Maskoni mengatakan bahwa kehadiran jajaran PT INKA (Persero) ke Pagar Alam meningkatkan rasa optimis pihaknya dapat merealisasikan rencana pembangunan cable car pertama di Sumatera Selatan tersebut.


“Jika pembangunan kereta gantung dapat terealisasi, tentunya akan sejalan dengan visi Kota Pagar Alam yang terus berkomitmen sebagai kota kunjungan wisata terdepan di Sumatera Selatan,” ungkapnya.(fj)