EmitenNews.com -Komisaris Independen PT Indofarma Tbk (INAF) Achmad Ghufron Sirodj memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Ini mengingat, ia memilih untuk menjadi calon legislatif (caleg) dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jawa Timur.

Direktur Utama Indofarma Agus Heru Darjono menuturkan, pihaknya telah menerima surat pengajuan permohonan pengunduran diri Achmad Ghufron Sirodj dari jabatannya sebagai Komisaris Independen Perseroan. 

"Kami sampaikan bahwa PT Indofarma Tbk telah menerima surat pengajuan permohonan pengunduran diri Achmad Ghufron Sirodj dari jabatannya sebagai anggota Dewan Komisaris (Komisaris Independen) di PT Indofarma Tbk," kata Agus dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Jumat (22/12/2023).

Lampiran Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-3/MBU/03/2023 tentang Organ dan Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara Pasal 18 yang menyatakan bahwa Syarat lain anggota Dewan Komisaris dan Pengawas salah satunya adalah bukan pengurus Partai Politik, calon anggota legislatif dan atau anggota legislatif. Calon anggota legislatif atau anggota legislatif terdiri dari calon atau anggota DPR, DPD, DPRD Tingkat I, dan DPRD Tingkat I. 

Berdasarkan hal dan rujukan tersebut di atas, Achmad Ghufron Sirodj dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai anggota Dewan Komisaris di PT Indofarma Tbk. Keputusan ini merupakan bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan serta bentuk rasa hormat kepada organisasi dan partai politik yang  diwakili.

"Saya juga turut menginformasikan bahwa saya saat ini sedang menjadi calon legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa untuk pemilihan Daerah Pilihan Jawa Timur yang akan segera dilaksanakan," kata Achmad 

Achmad bilang, dirinya sangat bersyukur telah diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari Dewan Komisaris PT Indofarma Tbk. Ia juga ingin menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh anggota Dewan Komisaris dan manajemen perusahaan atas dukungan, kerja sama, dan pengalaman yang berharga selama masa jabatannya. 

"Dalam rangka memastikan kelancaran dan keberlanjutan operasional Dewan Komisaris PT Indofarma Tbk, saya bersedia bekerja sama untuk melakukan proses administratif yang diperlukan," imbuhnya. 

Perlu diketahui, laporan kekayaan Achmad Ghufron Sirodj, yang jadi bakal caleg DPR RI di Dapil IV Jawa Timur (Jatim), pada Pemilu 2024. Daftar calon sementara Caleg DPR RI di KPU, merilis nama Ghufron Sirodj sebagai salah salah satu anggota Fraksi PKB yang mencalonkan diri pada Pemilu 2024.

Menilik profilnya, Achmad Ghufron Sirodj merupakan mantan sekretaris GP Ansor Jatim pada Periode 2019-2023. Berbekal pendidikan di Pondok Pesantren Bustanul Makmur, Banyuwangi, dirinya kini menjabat sebagai Komisaris Independen PT. Indofarma, TBK.

Soal harta kekayaannya terbilang menarik, karena sang anggota Fraksi PKB dan mantan sekretaris GP Ansor Jatim tersebut melansir dari lhkpn.kpk.go.id, berikut ini ulasan terkait harta kekayaan Ghufron Sirodj, Bakal Caleg DPR RI di Dapil IV Jawa Timur.

Menurut data harta di laporan LHKPN KPK, dirinya memiliki total kekayaan tanah dan bangunan senilai Rp10.110.000.000.Setidaknya, terdapat 4 unit tanah dan bangunan di wilayah Pamekasan, Jawa Timur.

Tercatat, salah satu tanah dan bangunan seluas 205 meter persegi merupakan dana hasil sendiri, senilai Rp1.780.000.000. Sementara yang lainnya, merupakan tanah dan bangunan warisan. Selain itu, ada juga data harta terkait alat transportasi dan mesin miliknya, yang memiliki nilai seharga Rp1.448.000.000.

Berderet 3 mobil mewah, yaitu Mitsubishi Dam Truck 150 Tahun 2010, Mazda 3 Tahun 2019, dan Toyota Innova Zenix Tahun 2022.

Ada juga motor Honda PCX Tahun 2021, yang tercatat biayanya adalah milik sendiri. Terdapat juga harta bergerak lainnya yang ditaksir mencapai nilai Rp680.000.000. Tidak ada data harta soal surat berharga, namun terdapat kas dan setara kas senilai Rp1.438.000.000, dan harta lainnya Rp2.000.000.000.

Jadi, total data harta secara keseluruhan yang dimiliki sang anggota GP Ansor Jatim ini nilainya mencapai Rp15.676.000.000. Perlu diamati, ada juga data hutang yang dimiliki Ghufron Sirodj yang nilainya Rp1.200.000.000. Oleh karena itu, tepatnya total harta kekayaan sang Bakal Caleg DPR RI di Dapil IV Jawa Timur ini mencapai Rp14.476.000.000.