EmitenNews.com—PT Potum Mundi Infranusantara (POTUM), anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT Tirta Bangun Nusantara (TBN) kepada PT Bahtera Hijau Mandiri (BHM), sebanyak 26.957.547 saham. TBN melakukan kegiatan usaha di bidang pengolahan air dan air limbah.

 

Dahlia Evawani Corporate Secretary PT Nusantara Infrastructure menjelaskan, dari penjualan saham ini POTUM mengantongi Rp55 miliar sesuai nilai transaksi yang telah disepakati.

 

"Pelaksanaan transaksi ini berpotensi mengurangi aset dan ekuitas perseroan," tulis Dahlia dalam keterangannya, Selasa (27/12). Namun Perseroan yakin bahwa pelaksanaan Rencana Transaksi tidak akan memberikan dampak negatif karena saat ini Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang memadai untuk menjalankan kegiatan operasional Perseroan.

 

"Transaksi yang dilakukan bukan merupakan transaksi material sebagaimana dimaksud dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan dan bukan merupakan transaksi afiliasi," imbuhnya.

 

POTUM adalah entitas anak META , yang merupakan perusahaan induk dan pemegang saham untuk seluruh unit usaha-usaha pengelolaan air dan infrastruktur air

bersih di grup Perseroan.

 

Sementara itu Tirta Bangun Nusantara adalah pemegang 28% saham PT Tirta Kencana Cahaya Mandiri selaku pemegang konsesi penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikokol, Kota Tangerang. Penyelenggaraan SPAM di IPA Cikokol mempunyai total kapasitas terpasang 1.575 liter per detik yang telah beroperasi sejak tanggal 11 Juni 2004.