EmitenNews.com - PT Intermedia Capital (MDIA) akan melakukan private placement 3.921.553.840 helai alias 3,92 miliar lembar. Saham baru dari portepel itu dibalut nilai nominal Rp10 per lembar. Pengeluaran saham baru itu, setara 10 persen dari modal ditempatkan, dan disetor penuh dalam perseroan. 


Tindakan itu dilatari untuk menuntaskan utang Cakrawala Andalas Televisi (CAT) berana senior facility Rp960 miliar. Refinancing memakai mata uang dolar Amerika Serikat (USD). Sebagai induk usaha, Intermedia Capital bertindak sebagai penjamin untuk memastikan CAT dapat memenuhi kewajiban utang berdasar senior facility agreement. 


Untuk memuluskan rencana itu, Intermedia akan meminta restu investor pada rapat umum pemegang saham independen pada Rabu, 14 Desember 2022 pukul 10.00 WIB di The Convergence Indonesia Lantai 28, Kawasan Rasuna Epicentrum, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta. Peserta berhak hadir dengan nama tercatat sebagai pemegang saham pada 21 November 2022. 


Secara umum, seluruh dana hasil private placement akan diberikan kepada CAT dalam bentuk atau mekanisme pinjaman atau utang. Nantinya, dana pinjaman tersebut oleh CAT selanjutnya akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian utang. 


Pelaksanaan private placement akan berdampak positif bagi perseroan secara konsolidasi. Tepatnya, mengurangi beban bunga pinjaman, meningkatkan jumlah total ekuitas, dan meningkatkan kinerja arus kas untuk dapat memenuhi kewajiban jatuh tempo. 


Penerbitan saham baru itu, menyebabkan kepemilikan  pemegang saham perseroan eksisting akan terdilusi 9,09 persen tanpa mengurangi total jumlah saham yang dimiliki sebelumnya. (*)