EmitenNews.com—Fitch Ratings telah mengafirmasi Issuer Default Rating Jangka Panjang PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA) di 'B' dengan Outlook Stabil. Secara bersamaan, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang TBLA di 'A-(idn)' dengan Outlook Stabil, dan peringkat obligasi senilai Rp200 miliar yang jatuh tempo pada tahun 2025 di 'BBB+(idn)'. Secara bersamaan, Fitch telah menarik peringkat tersebut.

 

TBLA adalah salah satu produsen minyak sawit terkecil berdasarkan luas tanam, dan hasilnya melemah secara signifikan selama 2019-2021. Namun, integrasi vertikal tingkat tinggi, karena kapasitas penyulingan minyak sawit mentah (CPO) yang signifikan, dan diversifikasi melalui bisnis gula mendukung profil bisnisnya.

 

Outlook Stabil TBLA menggabungkan pandangan kami bahwa leverage bersih EBITDA, yang stabil di 3,2x pada 9M22 (2021: 3,3x), sebagian besar akan datar selama dua hingga tiga tahun ke depan. Peringkat tersebut juga mempertimbangkan fleksibilitas keuangan TBLA yang moderat mengingat jatuh tempo utang yang besar dalam dua tahun ke depan dan akses yang tidak pasti ke pasar utang publik.

 

Peringkat Nasional 'A' menunjukkan ekspektasi risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lain di negara yang sama. Namun, perubahan keadaan atau kondisi ekonomi dapat mempengaruhi kapasitas pembayaran tepat waktu ke tingkat yang lebih besar daripada komitmen keuangan yang ditunjukkan oleh kategori peringkat yang lebih tinggi.

 

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'BBB' menunjukkan tingkat risiko gagal bayar yang moderat relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama.

 

Fitch telah memilih untuk menarik peringkat TBLA karena alasan komersial.

 

Hasil Lemah, Kemungkinan Akan Pulih : Hasil tandan buah segar (TBS) TBLA adalah 12,4 ton per hektar menghasilkan (t/Ha) pada tahun 2021, lebih dari 40% lebih rendah dari tingkat tahun 2018 menyusul penurunan yang stabil sejak saat itu, dan hasil CPO-nya turun menjadi 2,9t/Ha. Kami memperkirakan hasil CPO sebagian besar tidak akan berubah pada 3,0t/Ha pada tahun 2022. Hasil TBLA lebih rendah dari ekspektasi kami dalam tiga tahun terakhir. Meskipun demikian, kami berharap mereka meningkat secara signifikan mulai tahun 2023, dibantu oleh kondisi cuaca yang menguntungkan dan profil areal yang masih muda.

 

Kuota Gula Volatile, Aktivitas Perdagangan : Impor gula mentah TBLA untuk kilangnya bergantung pada kuota pemerintah yang fluktuatif. Oleh karena itu, total produksi gulanya sangat bervariasi, dengan volume turun hampir 40% pada tahun 2021 sebelum naik sebesar 17% pada 1H22. TBLA juga membeli gula putih dari pasar lokal untuk menambah produksi. TBLA mengatakan pengalamannya memungkinkan untuk membeli volume besar dengan harga yang menguntungkan, yang dapat disimpan dan dijual kemudian untuk mendapatkan keuntungan. Namun, menurut kami perdagangan semacam itu menghadapkan perusahaan pada risiko kerugian besar pada inventarisnya dan meningkatkan volatilitas margin.

 

Variasi Besar dalam Modal Kerja: Aliran modal kerja TBLA tidak stabil, didorong oleh faktor-faktor seperti impor gula mentah, yang bergantung pada kuota dan harga internasional, serta aktivitas perdagangan gula. Kami memperkirakan bahwa siklus modal kerja bersih TBLA diperpanjang menjadi sekitar 120 hari pada 9M22, setelah menyusut menjadi sekitar 100 hari pada tahun 2021 (2020: sekitar 180 hari). Kami berasumsi bahwa siklus modal kerja perusahaan tidak akan berubah untuk tahun 2022 dan seterusnya. Namun, pengendalian manajemen yang lemah merupakan risiko utama yang menurut kami dapat memperburuk dampak dari faktor lain.