EmitenNews.com - PT Zebra Nusantara (ZBRA) berganti nama menjadi PT Dosni Roha Indonesia. Itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan fokus pergulatan bisnis perusahaan saat ini. Selain itu, rebranding karena nama Zebra lebih dikenal luas sebagai perusahaan jasa transportasi. 


Padahal, saat ini Zebra Nusantara sudah bergerak bidang distribusi logistik terintegrasi yang memiliki jaringan luas hingga pelosok daerah. ”Rebranding itu diputuskan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa Zebra Nusantara, di Satrio Tower Lantai 16, Jakarta, Rabu, 2 Maret 2022,” tutur Gary Tanoesoedibjo, Direktur Zebra Nusantara, Rabu (2/3).


Perubahan nama itu, diharap menjadi langkah awal Zebra melakukan pengembangan berkelanjutan dalam sistem logistik, dan distribusi. Dengan begitu, dapat bersinergi dengan pengembangan infrastruktur nasional, dan menjadi bagian upaya pemerintah untuk pemerataan distribusi secara nasional.


”Dengan rebranding, nama dipilih diharapkan menjadi wajah baru untuk lebih mudah dikenal masyarakat, mendapat persepsi tepat dibenak masyarakat, dan bisa lebih sesuai perkembangan zaman,” imbuhnya.


Sekadar informasi, pada 2021 Zebra Nusantara diakuisisi oleh Trinity Healthcare (THC) dan telah sukses melaksanakan penambahan modal, dengan Hak untuk Memesan Terlebih Dahulu (PMHMETD) alias right issue. Setelah right issue tersebut, Zebra Nusantara melakukan kegiatan operasional melalui entitas anak perseroan.


Masuknya THC sebagai pemegang saham pengendali baru Zebra Nusantara, mengumumkan peralihan inti bisnis dari sebelumnya. Itu disampaikan manajemen Zebra Nusantara pada 7 Mei 2021, tepat setelah Zebra Nusantara rampung mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa, salah satunya menyetujui pelaksanaan right issue.


Selanjutnya, dari hasil pelaksanaan right issue akhir Agustus 2021 lalu, Zebra Nusantara telah mengambil alih sekitar 99 persen saham PT Dos Ni Roha (DNR). DNR, sebuah unit bisnis lengkap, dan ditopang kecanggihan sistem teknologi digital mumpuni guna menjawab tantangan kebutuhan makin berkembang seluruh Indonesia.


DNR mengusung konsep integrated end-to-end supply chain solutions, sebuah one stop solution. Di mana, konsep tersebut diyakini memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari hulu ke hilir secara cepat, lengkap, fleksibel, dan modern dalam suatu platform digital.


Integrated end-to-end supply chain solutions itu dijalankan DNR dan anak usaha yaitu melalui mekanisme dan program-program distribusi, proyek-proyek PT Multi Transportasi Global, aplikasi ipanganan.com dari PT Storesend Elogisctic Indonesia, platform DPORT PT Dosni Roha Logistik, dan sistem teknologi digital PT Bisnis Integrasi Global.


Zebra Nusantara meyakini, dengan memanfaatkan jaringan, infrastruktur sudah terbangun, dan tersebar dari Aceh sampai Merauke. Zebra Nusantara melalui DNR akan menjadi penyedia solusi rantai pasok terintegrasi pertama Indonesia. (*)