EmitenNews.com - Pemerintah memiliki komitmen kuat membangun sumber daya manusia (SDM) terampil salah satunya melalui pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. Dari BLK Komunitas diharapkan lahir masyarakat yang mandiri sesuai kebutuhan pasar kerja dan daerah di mana BLK Komunitas itu berdiri.

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyampaikan itu seusai meresmikan 525 BLK Komunitas dan Festival Kemandirian BLK Komunitas 2024 di Pondok Pesantren Daarul Archam, Desa Tanjakan Rajeg, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (7/3/2024).

Pembangunan BLK Komunitas merupakan bagian penting dari tujuan pemerintah dalam membangun kemandirian dengan meningkatkan SDM. Negara yang maju, urai Wapres, kuncinya ada pada SDM yang terampil.

Sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian nasional, pemerintah perlu mengarahkan program pembangunan BLK Komunitas di daerah-daerah yang menjadi lokasi kemiskinan ekstrem.

Untuk itu, pemerintah terus berkomitmen mengoptimalkan angkatan kerja Indonesia, yang jumlahnya menurut Badan Pusat Statistik 2023 mencapai 146 juta jiwa.

Wapres Kiai Ma’ruf Amin mengapresiasi Kemnaker atas berbagai terobosan strategis yang telah diciptakannya dalam mendorong kompetensi tenaga kerja. "Saya berharap BLK Komunitas dapat terus dikembangkan kualitas dan tata kelolanya, khususnya yang berada di lingkup lembaga pendidikan keagamaan non-pemerintah, seperti pondok pesantren serta serikat pekerja atau serikat buruh."

Pada kesempatan yang sama, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menambahkan kebutuhan akan peningkatan kompetensi telah dijawab oleh pemerintah dengan cara membangun BLK Komunitas.

Pembangunan BLK Komunitas adalah jawaban bagi masyarakat yang terkendala geografis karena harus datang ke balai-balai latihan kerja di ibukota provinsi.

"Untuk mendekatkan pelayanan, kami bangun BLK Komunitas yang berbasis keagamaan dan berbasis Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB)," kata Menaker Ida.

Setelah pembangunan BLK Komunitas, Kemenaker mendorong BLK Komunitas itu agar dapat menjadi lembaga yang mandiri. Dengan begitu diharapkan bisa bekerja sama dengan perusahaan di sekitar BLK Komunitas serta pemerintah daerah setempat.

"Kemandirian BLK Komunitas dapat terwujud karena ada sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah maupun swasta," tambahnya. ***