EmitenNews.com -Risiko kredit aset hidrogen hijau yang dibiayai proyek, saat ini, serupa dengan pembangkit termal untuk aset mandiri, atau berpotensi lebih besar, kata Fitch Ratings. Pasar hidrogen hijau masih dalam tahap awal, dan perkembangan teknologi serta proses akan dievaluasi dan dimasukkan dalam peringkat kami saat industri matang.

 

Hidrogen hijau kemungkinan akan memainkan peran penting dalam transisi nol bersih, terutama di sektor-sektor di mana dekarbonisasi terbukti menantang. Sementara preseden untuk transaksi yang dibiayai proyek sangat terbatas, kami berharap untuk menilai peningkatan jumlah transaksi di sektor ini selama beberapa tahun ke depan. IRENA memproyeksikan dalam laporannya tahun 2022 bahwa, dalam skenario perubahan iklim 1,5C pada tahun 2050, hingga 12% energi final akan dipasok melalui hidrogen dan produk turunannya. Ini akan menyiratkan pembangunan yang sangat ambisius dari kapasitas elektroliser sebesar 350GW pada tahun 2030 – dibandingkan dengan sekitar 0,5GW yang terpasang pada tahun 2021.

 

Kami berharap untuk menilai proyek hidrogen hijau mandiri di bawah Kriteria Peringkat Infrastruktur Utama & Pembiayaan Proyekdan menerapkan prinsip-prinsip bagian yang relevan dari kriteria khusus sektor, seperti Kriteria Peringkat Proyek Tenaga Panas , dan, jika proyek digabungkan dengan dan bergantung pada generator terbarukan, Kriteria Peringkat Proyek Energi Terbarukan . Fitch mengevaluasi proyek-proyek yang terpapar risiko penyelesaian berdasarkan Kriteria Peringkat Risiko Penyelesaian lintas sektor .

 

Proyek hidrogen hijau yang berbeda mungkin memiliki profil risiko penyelesaian yang berbeda secara signifikan. Kompleksitas pembangunan infrastruktur akan bergantung pada penggunaan produk keluaran, termasuk produksi listrik, fasilitas penyimpanan jangka panjang atau produksi bahan baku. Selain itu, proyek memiliki rentang keseimbangan pembangkit yang lebih besar daripada pembangkit listrik tenaga surya, angin, atau termal. Kompleksitas, dan akibatnya risiko integrasi, karenanya akan memiliki pengaruh besar pada penilaian risiko penyelesaian di setiap peringkat.

 

Ketersediaan kontraktor pengganti alternatif untuk menyelesaikan suatu proyek akan menjadi penting untuk mengetahui apakah proyek tersebut dapat dinilai di atas kontraktor lama. Ketidakdewasaan pasar akan meningkatkan bobot yang diberikan kepada pandangan ahli independen sehubungan dengan penggantian tersebut. Kami juga memperkirakan aset di sektor ini akan sangat bergantung pada pihak proyek, seperti produsen peralatan asli, yang akan memainkan peran kunci dalam aktivitas pengoperasian dan pemeliharaan karena keahlian mereka, dan jaminan peralatan.

 

Terbatasnya jumlah proyek peer green hydrogen berarti Fitch akan lebih bergantung pada pandangan para ahli tentang kewajaran biaya operasi yang dianggarkan atau dikontrakkan untuk sebuah proyek. Setiap persepsi kurangnya kredibilitas, kompetensi dan pengalaman pihak proyek oleh para ahli independen dapat menjadi faktor dalam profil keuangan yang dinilai dalam peringkat kami.

 

Fitch juga mempertimbangkan pengalaman sponsor dalam mengembangkan dan mengoperasikan aset dalam sektor dan pasar geografis mereka sendiri, serta wilayah transaksi, karena sponsor berpengalaman dapat memitigasi risiko.

 

Proyek hidrogen hijau mandiri yang menggunakan teknologi teruji akan memiliki risiko kredit yang serupa dengan aset tenaga termal, dalam hal risiko operasi, risiko pasokan, dan risiko pendapatan. Jika ada campuran paparan terkontrak dan pedagang, kami akan menerapkan pendekatan yang sejalan dengan transaksi kekuatan lainnya dan mempertimbangkan rata-rata antara pedagang dan tingkat metrik terkontrak, yang ditimbang dengan proporsi relatif dari pendapatan terkontrak dan pedagang, atau dengan arus kas mana ini lebih tepat.